Peduli Sesama, MBSL Club Indonesia Bantu Korban Banjir Cicurug Sukabumi

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Bantuan yang diberikan ini berupa sembako dan didistribusikan ke 6 (enam) desa di kecamatan Cicurug Sukabumi. Acara bakti sosial ini sendiri dilakukan pada Jumat, 3 Oktober 2020. Walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tidak menyurutkan Mercedes Benz SL (MBSL) Club Indonesia untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah banjir.

Sumbangan yang diberikan MBSL Club Indonesia ini berupa 350 paker yang terdiri dari 11 item dalam seiap dusnya. Item-item ini berupa kebutuhan sehari-hari yang diperlukan masyarakat seperti shampo, sabun mandi, pasta gigi, deterjen, pembersih lantai, kopi, gula, dan teh. Selain itu, komunitas yang berdiri sejak 2007 ini juga menyalurkan 100 paket berisi kue kaleng, biskuit, dan snack. Ke-100 paket ini disalurkan ke korban banjir, relawan, dan petugas yang bahu-membahu membantu masyarakat yang terkena dampak banjir.

Dalam aktivitas sosial tersebut, rombongan komunitas ini dipimpin langsung oleh Donny Pur selaku Sekjen MBSL. Selain itu, ikut juga Pandu Pradana sebagai Direktur Humas MBSL, serta Novrianda Basyir selaku Deputy Direktur Humas. Rombonga diterima dengan hangat oleh warga dan petugas serta relawan di lokasi bencana.

Paket bantuan kali ini diangkut menggunakan 1 buah truk dan 3 mobil. Sumbangannya pun langsung diberikan di posko utama tanggapan bencana dan diterima oleh Kapolsek Cicurug Kompol Simin A Wibowo beserta Danramil Cicurug Kapten Armed Mahtom Tohari serta staff Kecamatan dan perwakilan warga.

“Kegiatan baksos ini bukan yang pertama dilakukan oleh MBSL karena club kami ini selalu rutin melakukan misi sosial di beberapa moment setiap tahunnya,” ujar Donny Pur yang juga merupakan pengusaha hotel ini.

Dalam kesempatan tersebut, Donny Pur menyampaikan apresiasinya atas kerja tanggap para relawan dan petugas setempat dalam mengkoordinir bantuan dan menangani dampak bencana.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pandu Pradana. Ia mengatakan bahwa baksos ini adalah salah satu misi sosial klub dan juga sarana mendekatkan diri dengan saudara-saudara yang terkena bencana dan membutuhkan bantuan. “Mudah-mudahan bantuan ini dapat berguna dan dapat dimanfaatkan semaksimalan mungkin,” pungkasnya.

Banjir Menerjang Enam Desa

Musibah banjir bandang ini sendiri terjadi pada Senin sore, 19 September 2020. Banjir ini menerpa 6 daerah, yaitu Kp. Cipari Desa Cisaat, Kp. Cibuntu Desa Pasawahan, Kp. Belakang Aspol Cicurug, Kp. Nyangkowek RT/RW 002/007 Desa Mekarsari, Kp. Lio RT/RW/ 002/005 Desa Mekarsari, Perum Setia Budi Desa Bangbayang Kecamatan Cicurug.

Sementara Desa Pesawahan di Kecamatan Cicurug merupakan salah salah satu lokasi terparah akibat bencana banjir bandang tersebut.

“Ada 67 KK yang terdampak, ditambah lagi ada 28 karyawan pabrik mereka mengungsi di rumah saudaranya,” ujar Dahlan, Kepala Desa Pesawahan. “Saat ini ada 24 rumah mengalami rusak berat setelah diterjang banjir besar ini,” lanjut Dahlan.

Untuk menanggulangi kejadian tersebut, P2BK Kecamatan Cicurug dan BPBD Kabupaten Sukabumi langsung turun ke lapangan dan melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Cicurug, Pemdes Cisaat, Pemdes Pasawahan, Pemdes Mekarsari, Pemdes Bangbayang, Pihak Kelurahan Cicurug, BABINSA, Babinkamtibmas, dan Satpol-PP.

Evakuasi korban terdampak banjir bandang juga dilakukan dengan cepat bersama unsur terlibat dan Komunitas Relawan.

Klub mobil yang didirikan oleh Made Hariyantha yang juga sekarang menjabat sebagai Presiden MBSL ini memang dikenal solid dan juga memiliki program rutin tahunan di bidang bakti sosial. Di usianya yang ke 13 ini, klub ini memantapkan diri sebagai salah satu klub mobil sport yg tertua di Indonesia dan masih eksis hingga kini.

Dalam melaksanakan bakti sosial ini, klub ini juga tetap menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan imbauan Pemerintah.

“Protokol kesehatan tetap kami lakukan seperti menggunanakan masker, jaga jarak serta menggunakan hand sanitizer,” tutup Donny Pur yang juga merupakan Presiden Direktur PT Kairos Momentul Kapital, salah satu developer besar nasional yang memiliki mega proyek di Bali Utara.

Original Article