Paten Kawasaki Threewheeler Bocor, Sistem Leaningnya Unik

Paten Kawasaki Threewheeler Bocor, Sistem Leaningnya Unik

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Pabrikan geng hijau tengah mengajukan paten produk yang lain dengan yang selama ini dibuat. Namun, paten Kawasaki Threewheeler yang tengah diajukan di Eropa itu bocor.

Berbeda dengan threewheeler yang biasanya diajukan pabrikan lain, dalam paten Kawasaki Threewheeler dengan 2 roda di depan itu lebih mengedepankan konsep mobil, mirip Polaris Slingshot.

Yakni, konfigurasi joknya sejajar bukan sebaris. Jadi pengendara akan mengendalikannya melalui stir bukan stang seperti threewheeler lainnya.

Keunikan mekanikal pengendaliannya juga berbeda dengan sistem leaning wheel lainnya, sebut saja Piaggio MP3, Yamaha Niken atau Tricity. Bukan roda yang diatur kemiringannya saat menikung, tetapi pada konsep Kawasaki itu justru body atau kabin yang akan leaning saat berbelok. Alasannya, agar counter terhadap gaya sentrifugal lebih efektif, sementara traksi kedua roda depan tetap optimal, karena profil bannya bukan ban sepeda motor seperti busur, tetapi ban mobil yang rectangular.

Setiap roda depan dilengkapi ball joint dan tie rod, serta ditopang garpu twin tube ke sasis . Mekanisme leaning-nya terdiri 2 arm (#40, #41 dan #51) dan strut.

Namun, seperti paten lainnya, paten Kawasaki Threewheeler itu belum tentu menjadi konsep utuh, prototipe hingga jadi produk jualan. Tetapi untuk mengantisipasi agar sebuah konsep tidak ditiru pihak lain.(Afid/nm)

The post Paten Kawasaki Threewheeler Bocor, Sistem Leaningnya Unik appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.