Paten Calon SUV Toyota Bocor, Crossover Listrik!

Paten Calon SUV Toyota Bocor, Crossover Listrik!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Sebuah paten kembali muncul dan menghebohkan publik, apalagi paten mobil kali ini berasal dari pabrikan sejuta umat, Toyota. Yap, ada 2 buah paten mobil yang bocor ke dunia maya dalam tempo beberapa hari terakhir. Dan menariknya, paten desain mobil milik Toyota ini nampak memperlihatkan bahwa Toyota akan memproduksi sebuah SUV dengan dua buah pilihan wheelbase, yaitu short dan long wheelbase. Mari kita cek.

Jadi, ada beberapa foto paten yang bocor ke dunia maya, namun jika kita kelompokkan, sebenarnya hanya ada 2 varian produk. Pertama, adalah SUV atau crossover dengan wheelbase yang pendek. Mobil ini terlihat cukup sleek dengan atap yang rendah namun kaki – kaki yang berotot. Dari wajah depannya kita bisa melihat bahwa mobil ini masih akan berstatus sebagai mobil konsep, karena tidak ada lampu utama yang terlihat. Di wajah depannya, mobil ini memiliki lampu bak LED bar yang dibingkai dengan ornamen mengkilap, mungkin krom. Dan kalau kita perhatikan bentuk grille-nya yang minim lubang, bisa jadi mobil ini adalah EV alias mobil listrik.

Oiya, kap mesinnya juga cukup menarik dengan bentuk muscular dan ada lekukan di bagian tengahnya. Sedangkan di sisi samping, mobil ini memiliki body cladding gelap berukuran besar dan mengotak. Sisi sampingnya juga masih menunjukkan tarikan garis futuristik, dan atap yang sleek. Kalau diperhatikan, bentuk fender belakangnya khas SUV Toyota jaman now seperti RAV4 dan Corolla Cross. Di bagian belakang, SUV ini menggunakan bumper belakang didominasi cladding hitam, seperti RAV4 dan Corolla Cross, dan lampu menyambung yang nampaknya didominasi ornamen LED bar. Oiya, kaca belakangnya juga cukup landai, apakah ini coupe SUV? Kita tunggu saja.

Sedangkan untuk SUV kedua, bisa dikatakan paten yang muncul lebih mendekati realita dibandingkan paten pertama. Sebut saja bentuk headlight-nya lebih ‘normal’ dengan velg yang juga lebih ‘production look’. Berbeda dengan SUV pertama, SUV ini lebih panjang. Walaupun begitu, garis wajahnya masih mirip, bisa jadi ini bahasa desain Toyota di segmen EV di masa depan. Kap mesin pun masih sama dengan lekukan di tengah. Do sisi samping, SUV ini tidak menggunakan cladding yang ‘lebay’ seperti saudaranya. Namun, ada side body moulding yang mengingatkan kami pada Toyota Rush.

Oiya, tak ada spion di mobil ini, melainkan kamera. Sebenarnya sama dengan SUV sebelumnya, hanya saja kali ini penempatannya agak tinggi yang malah terlihat wagu bak winglet. Berbeda dengan SUV sebelumnya, buritan dari SUV kedua ini tidak seperti RAV4 ataupun Corolla Cross. Malahan, bentuk lampi di dekat pilar D membuat kami ingat akan SUV- SUV Eropa dan Korea Selatan. Dan mungkin ada yang menyebut tarikan garisnya mirip dynamic shield Mitsubishi. Buritan SUV ini cenderung minimalis dengan banyak area diwarnai gelap dan kaca belakang tegak. Bisa jadi, SUV ini punya 3 baris kursi.

Nah, kita nantikan saja debut dari kedua SUV listrik Toyota ini. Bisa jadi, versi konsepnya akan sesuai dengan paten, dan versi produksinya akan dirilis dalam beberapa tahun ke depan. Bagaimana menurut kalian?

Gallery Lengkapnya :

Original Article