Pastikan Jadwal Peluncuran Mate 40 Series, Huawei Pamer Kemampuan Zoom Fantastis

Pastikan Jadwal Peluncuran Mate 40 Series, Huawei Pamer Kemampuan Zoom Fantastis

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Huawei dalam upayanya menjadi penguasa pasar smartpthone global. Bukan Samsung atau Apple sebagai rival utama yang dianggap Huawei menjadi penghalang Huawei, melainkan dampak perang dagang antara AS dan Cina yang masih terus berlanjutan.

Larangan pemerintah AS bagi banyak perusahaan teknologi (Qualcomm, TSMC, Google, dan lain-lain) untuk memilah teknologi apa saja yang boleh digunakan Huawei memaksa perusahaan Cina tersebut harus mensiasati berbagai aspek produksi agar produk smartphone mereka mendatang tetap kompetitif di pasar global.

Berbicara mengenai smartphone flagship Huawei yang akan dirilis tahun ini, perhatian tertuju pada seri Huawei Mate 40 Series. Belum lama ini, flagship yang selalu diumumkan akhir tahun ini baru saja dikonfirmasi jadwal kehadirannya oleh Huawei melalui Richard Yu, CEO Consumer Business Huawei dan Executive Director Huawei, melalui jejaring sosial media Weibo.

Seperti yang dikutip dari Weibo dan serta akun Huawei Mobile (@HuaweiMobile), rencananya Huawei akan mengumumkan produk Mate 40 Series pada tanggal 22 Oktober 2020 mendatang. Dalam pengumuman melalui klip video pendek tersebut, Huawei menampilkan mata manusia yang diduga berkaitan dengan fitur fotografi yang selalu diunggulkan Huawei selama ini untuk ponsel premiumnya.

Tidak lama berselang, beberapa informasi mulai terungkap setelah He Gang, Kepala divisi smartphone Huawei, juga melalui Weibo, membagikan bocoran foto gambar bulan di siang hari bolong. Apabila foto ini adalah hasil tangkapan sesungguhnya dari kamera Huawei Mate 40, foto itu sudah cukup memberikan kesan impresif bagi siapa saja yang paham bagaimana ‘tantangan’ untuk pemotretan tersebut.

Belum lama juga beredar video singkat hands-on Huawei Mate 40 Pro yang menunjukan bahwa smartphone ini akan memiliki layar berdesain sedikit melengkung di sisi kanan dan kiri, serta punch hole di bagian atas untuk area kamera selfie.

Seperti seri Mate sebelumnya, Mate 40 series juga diprediksi akan menjadi smartphone pertama Huawei yang mengusung chipset paling gresnya, Kirin 9000. Sayangnya, seperti yang diungkapkan Richard Yu pada awal Agustus lalu, flagship Huawei tahun ini akan menjadi seri terakhir yang diperkuat dengan chipset Kirin high-end. Kecuali ada perubahan signifikan dari larangan pemerintah AS.

Chipset ini menjadi menarik karena meskipun Huawei telah memesan Kirin 9000 sebanyak 15 juta unit, produsennya TSMC dikabarkan hanya sanggup memproduksi sebanyak 8,8 juta chip hingga akhir tahun. Apakah sisanya akan diproduksi awal tahun 2021 sepertinya masih tergantung perkembangan pada negosiasi perdagangan antara Cina dan AS.

Original Article