Nissan Terra Mengaduk-aduk Lumpur BSD

Nissan Terra Mengaduk-aduk Lumpur BSD

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

TANGERANG – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak para jurnalis otomotif Tanah Air untuk membuktikan ketangguhan produk terbarunya yakni Terra.

Sejak kemunculannya pertama kali tahun lalu, Nissan Terra masih mengundang rasa penasaran banyak orang. Maklum saja SUV 7-Seater yang dikembangkan dari Nissan Navara tersebut belum tersedia unit tesnya.

NMI menggelar sesi uji coba Nissan Terra tidak hanya di kawasan perkotaan untuk memamerkan fitur-fitur terkininya. Namun mereka juga mengajak rekan-rekan jurnalis guna menyiksa kemampuan kendaraan tersebut di arena offroad buatan.

Bertempat di sirkuit offroad Pagedangan, BSD Tangerang Selatan, NMI menyediakan Nissan Terra varian teratasnya yaitu VL. SUV yang menggunakan rangka ladder ini diajak mengaduk-aduk lumpur dan melintasi medan terjal juga berbatu.

Sebelum membahas mengenai tenaga mesin kendaraan, Nissan Terra tipe VL sendiri terdiri dari dua pilihan penggerak yakni 4X2 dan 4X4. NMI menyediakan kedua unit tersebut untuk diuji kemampuannya baik soal kemampuan mesin, kenyamanan kabin hingga fitur terkini yang diusungnya.

Kendaraan bertubuh jangkung ini didukung dengan mesin 2.5-liter empat-silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 187 hp pada 3.600 rpm. Sementara torsi yang bisa dihasilkan sebesar 450 Nm pada 2.000 rpm. Output dari mesin Nissan Terra bisa dibilang salah satu yang tertinggi di kelasnya.

Jantung mekanis kendaraan tersebut disandingkan dengan sistem transmisi otomatis 7-percepatan. Adapun Terra juga menawarkan mode manual untuk konsumen yang ingin mendapatkan sensasi lebih dalam berkendara.

Nissan Terra yang memiliki ground clearance 225 mm dipaksa masuk ke dalam kubangan penuh lumpur. Disebutkan bahwa kedalaman kubangan tersebut mencapai 500 mm. Pada tipe 4X4, proses perpindahan transfer case juga cukup mudah.

Usai bermain lumpur, SUV yang memiliki tampilan berotot tersebut menunjukkan keunggulan fitur-fiturnya. Hill Start Assist (HSA) dan Hill Decent Control (HDC) menjadi menu berikutnya dalam uji coba Nissan Terra. Menaklukkan medan menanjak terjal dan melintasi turunan tajam menjadi lebih mudah dengan kedua fitur tersebut.

Bermain offroad tentunya tidak terlepas dari membuat mobil naik turun secara ekstrem dan miring-miring menaklukkan medan sulit. Kendaraan ini mampu melaju dengan kondisi miring hingga 20 derajat. Sementara terdapat tanda kemiringan kendaraan pada layar MID di tengah panel meter.

Kendaraan jenis SUV tersebut seperti disebutkan di atas tidak hanya mumpuni dalam medan offroad. Namun Terra juga mampu memberikan kenyamanan dalam kabin. Hal ini didukung oleh penggunaan suspensi double wishbone pada depan dan 5-link untuk belakangnya. Keduanya sudah dilengkapi oleh stabilizer guna menambah kenyamanan.

Ketika melintasi jalan raya, kami mencoba beberapa fitur seperti Lane Departure Warning (LDW) dan Blind Spot Warning (BSW). Kedua fitur tersebut saling terkait dalam memberikan peringatan pada pengemudi ketika kendaraan keluar dari lajur.

Urusan parkir, Nissan Terra dilengkapi berbagai kamera guna memudahkan konsumen. Pada spion tengah contohnya, pengedara dapat mengaktifkan kamera belakang dengan melakukan satu sentuhan. Sementara kamera dengan kemampuan mengambil gambar 360 derajat, bisa aktif di kecepatan tidak lebih 30 km/jam.

“Kombinasi performa dan fitur pintar menjadikan mobil ini sempurna bagi mereka yang sehari-hari berkendara di perkotaan, namun ingin berpergian ke luar kota atau merasakan sensasi off road saat akhir pekan,” ucap Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT NMI.

Nissan Terra tipe VL 4X2 At dipasarkan dengan harga Rp 524 juta. Sedangkan untuk Nissan Terra tipe VL 4X4 AT diniagakan sebesar Rp 665 juta on the road Jaboodetabek.

SUV 7-penumpang dari NMI tersebut dipastikan akan hadir pada pameran otomotif terakbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Perhelatan tahun ini sejatinya akan digelar pada 25 April hingga 5 Mei 2019. kendaraan ini juga bisa dicoba langsung pada pameran tersebut.

[stm_sidebar sidebar=”651″]