Nih 8 Fakta Seputar Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya

Nih 8 Fakta Seputar Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya

Shared by Balapmotor.net for IIMS

The post Nih 8 Fakta Seputar Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya

BalapMotor.Net – Dalam program 8 Fakta Racing BalapMotor.TV, kali ini kita membahas mengenai fakta dari sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya.
Balap mania pasti sudah tidak asing dengan sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya, yuk kita simak 8 fakta mengenai sirkuit ini.

Fakta Pertama :Dibuka Tahun 2008

Sirkuit Bukit Peusar sendiri mulai dibuka pada tahun 2008. Pada saat itu, gelaran Kejurnas Motoprix Region 2 Jawa menjadi event nasional pertama yang digelar di sirkuit tersebut.

Fakta Kedua : Dibangun Oleh Haji Sobandi

Haji Sobandi merupakan pengusaha asal Kota Tasikmalaya yang mempunyai inisiatif untuk membangun sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya. Biaya yang dikeluarkan oleh Haji Sobandi sendiri untuk membangun sirkuit ini terbilang cukup besar.

Fakta Ketiga : Beberapa Kali Ganti Layout

Sejak dibangun pada tahun 2008 lalu, sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya sudah melakukan beberapa kali perubahan layout. Layout yang digunakan sampai saat ini merupakan layout yang diubah pada tahun 2006 silam.

Fakta Keempat : Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Nasional

Sirkuit Bukit Peusar selain cukup sering menjadi tuan rumah gelaran Kejurnas Motoprix juga menjadi tuan rumah gelaran balap nasional lainnya. Sebut saja balap motor PON pada 2016, lalu Kejurnas Indonesia Road Racing Championship pada 2015, Yamaha Cup Race, dan pada 2019 menjadi tempat pertama digelarnya Kejurnas Oneprix.

Fakta Kelima : Terkenal Sulit Ditaklukan

Dengan banyaknya tikungan dengan beragam karakter, ditambah konturnya yang naik turun, sirkuit Bukit Peusar diakui cukup banyak pembalap nasional menjadi sirkuit yang paling sulit untuk ditaklukan.

Fakta Keenam : Lokasi Dekat Dengan Objek Wisata

Perlu diketahui, lokasi sirkuit Bukit Peusar yang terletak di Desa Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya cukup dekat dengan beberapa objek wisata. Sebut saja Situ Gede dan Gunung Galunggung.

Fakta Ketujuh : Jadi Tempat Sekolah Balap

Selain menjadi tempat gelaran balap dan juga latihan balap untuk umum, sirkuit Bukit Peusar juga dijadikan tempat untuk sekolah balap. Ada dua sekolah balap yang menjadikan sirkuit ini sebagai tempat berlatih yaitu Honda WH19 Racing School milik Wawan Hermawan dan 86 Ristan Racing School milik Oki Ristan.

Fakta Kedelapan : Mempunyai 1.300 meter

Sirkuit Bukit Peusar yang mengalami beberapa perubahan layout sendiri saat ini memiliki panjang lintasan 1.3 km. Sebelum dengan layout terakhir, panjang sirkuitnya hanya 1,1 km saja.

Demikian 8 fakta dari sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya. Jangan lupa untuk tonton videonya di BalapMotor.TV Youtube channel yah gaes.

Video 8 Fakta Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya

The post Nih 8 Fakta Seputar Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya appeared first on BALAPMOTOR.NET.

Original Article