Wow! Mobil Beroda Enam Ini Aslinya Ternyata Toyota Yariis!

Siapa yang bisa menyangka bahwa mobil ini adalah hatchback

News Update

Wow! Mobil Beroda Enam Ini Aslinya Ternyata Toyota Yariis!
Wow! Mobil Beroda Enam Ini Aslinya Ternyata Toyota Yariis!

Pameran otomotif terakbar yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang diselenggarakan di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, selama tanggal 27 April - 7 Mei, menyimpan banyak kejutan. Salah satu kejutan yang terjadi ada di hall B, persisnya di boot MBtech: Indonesian AutoModified (IAM). Di booth ini, terdapat puluhan mobil modifikasi dengan konsep dan ubahan, dari konsep racing seperti McLaren MP4-12C hingga konsep radikal.

Berbicara konsep radikal, salah satunya terdapat pada mobil modifikasi karya bengkel Kupu-Kupu Malam yang berlokasi di Jogjakarta. Bengkel yang mengklaim sebagai pengrajin mobil ini menciptakan mobil berbodi custom yang menggunakan enam roda dengan bentuk yang futuristis. Namun siapa sangka kalau mobil panjang nan eksotis ini mengambil basis dari Toyota Yaris? Ya, Toyota Yaris ini sudah mengalami sangat banyak rombakan hingga bentuk aslinya sudah tidak terlihat lagi. Bahkan sasisnya turut diperlebar dan dipanjangkan sehingga menjelma menjadi sosok mobil yang radikal.

Selain bentuk eksteriornya radikal, Toyota Yaris ini juga bisa digerakkan dengan kendali remote, lho! Kunto, modifikator dari Kupu-Kupu Malam menambahkan penggerak roda belakang secara custom yang bisa dioperasikan melalui remote control. Konon penggerak roda belakang ini diambil dari gardan milik Toyota Supra yang lantas dihubungkan dengan motor dan modul elektronik agar penggerak rodanya bisa bergerak secara elektris melalui modul motorize tadi. Modul ini lantas dihubungkan dengan kendali yang bisa dioperasikan dari remote control. Meski begitu, kendali remote control ini mempunyai pergerakan yang terbatas demi keamanan dan keselamatan bersama.

Agar makin terlihat panjang, Toyota Yaris ini disematkan enam unit suspensi udara di setiap rodanya. Dan spek suspensi udara ini sudah disesuaikan kembali agar bisa mengangkat bodi custom-nya yang bobotnya lebih berat dari bodi standar Yaris. Maklum saja karena pada interiornya penuh sesak dengan kehadiran beragam perangkat audio. Untuk peleknya, dipakai ukuran 20 inci dengan ukuran 8,5 inci di depan dan 9 inci di belakang. Tidak lupa, seperangkat turbocharger berukuran besar dipasangkan di bagian mesin, yang kemudian disambungkan dengan sistem knalpot yang dibuat custom. Uniknya, knalpot ini sengaja dibuat mencuat keluar kap mesin agar terlihat makin radikal.