Usir Debu Agar Tetap Merdu

Membeli mobil baru, biasanya sudah dilengkapi dengan sistem audio. Kalau audio standar pabrikan sudah dirasa memuaskan telinga, maka ada baiknya bila Anda memahami bagaimana cara merawatnya.

News Update

Usir Debu Agar Tetap Merdu
Usir Debu Agar Tetap Merdu

Membeli mobil baru, biasanya sudah dilengkapi dengan sistem audio. Kalau audio standar pabrikan sudah dirasa memuaskan telinga, maka ada baiknya bila Anda memahami bagaimana cara merawatnya. Pertama, cara memperlakukan sistem audio tersebut. Kedua,menjaga kebersihan perangkatnya.

Untuk fase awal, usahakan ketika mematikan head unit, volume suaranya berada di angka nol. Hal ini untuk menjaga kualitas komponen yang terdapat head unit. Poin berikutnya, jangan gunakan CD bajakan yang diberi penempel kertas. Jika tempelan pada CD terlepas, maka dapat membuat CD tersangkut pada sistem mekanik head unit.

Debu menjadi musuh utama head unit, meski interior mobil kerap dibersihkan. Debu dapat menyebabkan tertutupnya mata optik. Oleh sebab itu wajib melakukan langkah pembersihan menggunakan CD cleaner. Head unit yang relatif baru dibersihkan setiap 6 bulan, sementara head unit lama per 1 bulan.

Debu juga menyerang di konus speaker. Bagian yang terserang debu biasanya konus dan voice coil (untuk speaker yang memiliki kerucut besi di tengah). Untuk mengatasinya, gunakan kuas halus untuk menghilangkan debu. Efek yang ditimbulkan dari kondisi kotornya konus, speaker menjadi kurang responsif dalam mengeluarkan nada. Kalau yang diserangnya celah-celah voice coil, maka bakal timbul suara ‘kresek-kresek’ lantaran gerakan speaker tersendat.

Power juga tak luput dari debu. Bila tidak dibersihkan bisa membuat kemampuan transfer panas ke casing yang berfungsi sebagai heat-sink menjadi berkurang. Kalau terjadi over heat bakal merusak komponen. Cara membersihkannya dengan kuas atau lap. Beri lap yang diberi sedikit air dan usap power hingga bersih. Jika kotoran menempel pada power yang memiliki sirip-sirip, pakai kuas untuk membersihkannya.