Tips Memilih dan Membeli Velg Bekas

Dalam memodifikasi sepeda motor salah satu bagian yang kerap diganti ialah bagian velg. Jika IIMS lovers memiliki dana lebih tentu akan membeli velg custom atau velg baru. Namun ketika dana tidak mencukupi maka pilihannya adalah menggunakan velg bekas.

News Update

Tips Memilih dan Membeli Velg Bekas
Tips Memilih dan Membeli Velg Bekas

Tidaklah sulit mencari velg bekas yang sesuai dengan kebutuhan modifikasi, karena banyak toko variasi motor yang menyediakannya. Kecermatan dalam memilih barang adalah modal utama saat berburu velg terlebih untuk model racing.

Di bawah ada beberapa tips yang bisa menjadi panduan bagi IIMS lovers sebelum memutuskan untuk membeli velg bekas.

1. Periksa bagian bibir velg, jika ada yang pecah atau retak sebaiknya dihindari dahulu. Velg yang sekadar peyang masih bisa digunakan, namun sebaiknya diperbaiki dengan mesin pres agar velg kembali presisi.

2. Cek bagian velg apakah ada bekas bubut atau tidak, jika ada bekas bubut, velg tersebut pernah bengkok parah. Untuk memastikannya, IIMS lovers  bisa memeriksa tampilan aluminium pada velg. Biasanya velg yang sudah pernah dibubut akan memiliki perbedaan warna aluminium dengan warna sekitaranya.

3. Cek bagian bearing velg, biasanya penjual velg bekas melepas rumah bearing bertujuan supaya tidak terlihat kondisi bearing-nya. Beranikan diri untuk meminta kepada penjual agar melengkapi rumah bearing, jika rumah bearing dipasang lalu oblak maka velg tidak sempurna lagi jika digunakan akan terasa goyang.

4. Jangan terkecoh dengan cat pada velg, biasanya penjual menutupi bagian velg yang sedikit retak dengan cat. Untuk mengetahui velg sudah dicat lagi apa belum sangat mudah, perhatikan angka atau tulisan yang ada pada palang velg, jika tulisan atau angkat kelihatan tidak jelas, berarti velg tersebut sudah dicat ulang dan ada bagian yang tidak bagus.

 

Sumber: Dapurpacu