Tips Membersihkan Car Seat

Memiliki kendaraan pribadi tentunya akan menuntut kita sebagai pemilik dan juga pengguna untuk senantiasa menjaga serta merawat keseluruhan dari kendaraan tersebut termasuk aspek kebersihannya.

News Update

Tips Membersihkan Car Seat
Tips Membersihkan Car Seat

Memiliki kendaraan pribadi tentunya akan menuntut kita sebagai pemilik dan juga pengguna untuk senantiasa menjaga serta merawat keseluruhan dari kendaraan tersebut termasuk aspek kebersihannya. Tak jarang seiring dengan pemakaian, kendaraan pun akan mudah kotor seperti di daerah jok / tempat duduk atau car seat. Biasanya kebanyakan car seat adalah berbahan kulit yang mana ketika ia terkena basah atau pun kotoran akan lebih mudah dibersihkan yaitu hanya dilap dengan tisu atau pun kain kering.


Namun lain halnya dengan car seat berbahan suede atau pun bahan-bahan lainnya yang rentan menimbulkan noda membekas. Jok mobil dengan bahan tersebut biasanya lebih sulit dibersihkan jika terkena noda membandel atau pun debu yang tebal sehingga butuh penanganan khusus dibandingkan jok kulit biasa. Untuk itu, berikut ini beberapa langkah membersihkan jok kulit yang berbahan selain kulit.


Langkah pertama, siapkan bahan-bahannya yang terdiri dari: mangkuk, sikat pembersih, handuk kecil bersih, 2 sendok makan cairan pembersih (dish soap), 2 sendok makan washing soda, 2 gelas air hangat, serta spray pewangi. Kemudian, mulai lakukan pembersihan awal dengan vacuum cleaner atau lap saja dengan lembut menggunakan sikat pembersih lalu semprotkan sedikit spray pewangi dengan jarak semprot 10-15 cm.


Setelah itu, campur bahan-bahan pembersih tadi yang telah dipersiapkan dengan air panas. Masing- masing bahan tentunya berperan penting dalam proses pembersihan. Cairan pembersih yang lembut membantu mengangkat noda serta washing soda berfungsi sebagai cleaning booster atau dengan kata lain membantu mengikis noda yang membandel. Kedua bahan tersebut aman untuk kain atau pun bahan khusus lainnya, jadi tak perlu khawatir akan merusak car seat.


Kemudian celupkan sikat pembersih ke campuran pembersih yang telah diaduk rata dengan air panas, lalu secara berputar dan perlahan bersihkan car seat terutama di daerah-daerah dengan kotoran yang membandel. Hindari menjadikan car seat terlalu basah dengan cairan pembersih dengan menyapukan seucukupnya saja ke sikat pembersih. Lap dengan handuk kering agar sisa kelembaban terserap, lalu lakukan lagi langkah pembersihan tadi di daerah-daerah yang harus dibersihkan. Jika sudah selesai, buka kaca jendela untuk diangin-anginkan sesaat, dan untuk sentuhan terakhir bisa menyemprotkan spray pewangi agar mobil yang sudah dibersihkan menjadi harum dan tambah segar.