Tips Bersihkan Filter AC

Untuk menjaga debu dan kotoran agar tidak masuk ke sistem air conditioner (AC), biasanya mobil dilengkapi filter AC. Tetapi, sayangnya saat ini belum semua mobil yang di produksi di Indonesia menjadi filter AC sebagai perangkat standar. Mungkin anda bisa cek dan pastikan dari sekarang apakah mobil yang digunakan sudah mengunakan filter AC atau belum.

News Update

Tips Bersihkan Filter AC
Tips Bersihkan Filter AC

Filter AC pada umumnya terletak pada sisi kiri dashboard mobil karena mobil di Indonesia kebanyakan menggunakan steer kanan.  Posisinya rata-rata  berada di belakang laci dashboard sebelah kiri. Filter AC ini berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke evaparator AC melalui blower, sehingga udara yang dihembuskan oleh AC akan bersih dan waktu untuk membersihkan evaparator AC juga  lebih lama.

Untuk tips perawatan filter AC cukup dibersihkan secara rutin, jika kondisi kabin sering kotor sebaiknya makin sering dibersihkan , minimal setiap 6 bulan sekali. Apabila sudah sangat kotor dan tidak bisa dibersihkan, segera diganti dengan yang baru. Untuk harga komponen tersebut berkisar Rp.100.000 – 200.000 tergantung dari jenis mobilnya.

Perlu diketahui juga tanda-tanda filter AC kotor, antara lain yaitu hembusan angin kurang kencang atau menurun. AC kurang dingin dan ada bau yang kurang enak saat AC di hidupkan. Apabila terjadi gejala seperti  di atas  segera lakukan pembersihan filter AC .

Untuk tahapan membersihkan filter AC yaitu pertama-tama membuka laci sebelah kiri dashboard untuk kemudahan akses ke filter  AC. Saat  membuka laci tidak perlu menggunakan kunci khusus, hanya perlu membuka pengunci kiri dan kanan laci, tetapi harus berhati-hati agar tidak patah.

Setelah laci terbuka akan terlihat box filter AC di balik laci. Lalu tinggal membuka cover box-nya dan keluarkan filter AC -nya. Setelah itu semprot dengan udara bertekanan atau dengan vacuum cleaner sampai benar-benar bersih.

Dengan perawatan AC yang baik, pengguna mobil dapat merasakan udara di dalam kabin lebih bersih serta dapat mengurangi resiko penyakit pernafasan.