Tes Lemtek UI, Mirage Baru Lebih Irit dari Standar LCGC

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menggandeng Lembaga Teknologi Fakultas Teknik (Lemtek) Universitas Indonesia melakukan pengetesan konsumsi bahan bakar New Mirage. Hasilnya, konsumsi New Mirage lebih tinggi dari Mirage lama.

News Update

Tes Lemtek UI, Mirage Baru Lebih Irit dari Standar LCGC
Tes Lemtek UI, Mirage Baru Lebih Irit dari Standar LCGC

Dari pengetesan yang dilakukan pada 26-27 Oktober lalu, didapat hasil rata-rata konsumsi bahan bakar New Mirage tipe transmisi manual/AT sebesar 24,2 km/l, tipe otomatis /AT sebesar 22 km/l, dan torehan terbaik 28,7 km/l.

Catatan tersebut lebih baik dari Mirage lama yang dites oleh Lemtek UI pada 2012 lalu. Saat itu, hasil rata-rata konsumsi bahan bakar Mirage tipe transmisi manual/MT sebesar 21,93 km/l, tipe otomatis/AT sebesar 19 km/l, dan torehan terbaik 24,2 km/l.

Prof Dr Ir Bambang Sugiarto, M.Eng, Direktur Lembaga Lemtek UI, penanggung jawab program pengetesan New Mirage mengatakan, pihaknya melakukan pengetesan terhadap 6 mobil, mencakup semua tipe New Mirage dengan komposisi 3 unit transmisi manual dan 3 otomatis.

“Dari hasil pengujian, memang terdapat variasi angka yang diperoleh. Salah satu yang berkontribusi terhadap deviasi tersebut adalah karakter pengemudi. Tetapi perbedaan tersebut masih dalam batasan wajar untuk eco driving,” katanya.


Sumber : Dapurpacu