Tertangkap Kamera di Jalan Jakarta, Ternyata Esemka Garuda 1 Mirip Mobil China Ini

Mobil merek nasional Esemka Garuda 1 tertangkap kamera sedang diangkut truk towing di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tapi ternyata mobil ini mirip dengan mobil buatan China, Foday Landfort.

News Update

Tertangkap Kamera di Jalan Jakarta, Ternyata Esemka Garuda 1 Mirip Mobil China Ini
Tertangkap Kamera di Jalan Jakarta, Ternyata Esemka Garuda 1 Mirip Mobil China Ini

Memang Foday Landfort ini tidak dijual di Indonesia. Di negara asalnya, Foday Landfort merupakan sebuah SUV besar yang mirip dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

 

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 di China dan mempunyai fitur yang cukup lengkap. Pada varian termahalnya, bagian lampu sudah disematkan projector dengan fitur follow me home.

 

Selain itu sudah menggunakan wiper jenis frameless serta sunroof elektrik. Seluruh roda sudah menggunakan rem cakram yang dilengkapi dengan ABS serta EBD. Kamera parkir pun hadir untuk membantu pengemudi ketika parkir mundur.

 

Belum diketahui apakah semua fitur-fitur itu akan ada di Esemka Garuda 1 atau tidak. Semoga saja tetap ada sehingga bisa bersaing dengan merek lain.

 

Pada bagian dapur pacu, di China, Foday Landfort tersedia pilihan mesin bensin berkapasitas 2.400 cc buatan Mitsubishi dan mesin diesel 1.900 cc 4-silinder yang sudah mengadopsi teknologi turbo.

 

Kedua mesin tersebut memiliki tenaga maksimum 135,9 dk dengan torsi maksimum 200 Nm di 2.500-3.000 rpm (bensin) dan 300 Nm di 1.800-2.800 rpm (diesel). Ada dua penggerak yakni RWD dan 4WD dengan paduan hanya transmisi manual saja.

 

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Esemka, apakah Garuda 1 itu akan dijual atau tidak.