Polisi Berkampanye GATEL Demi Keselamatan Berlalu Lintas

Hasil kolaborasi antara Kompas Cyber Media dan Korlantas Polri

News Update

Polisi Berkampanye GATEL Demi Keselamatan Berlalu Lintas
Polisi Berkampanye GATEL Demi Keselamatan Berlalu Lintas

Pada tanggal 3 Mei, bertempat di ajang pameran otomotif terakbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, PT Kompas Cyber Media menggelar kerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia dan National Traffic Management Centre (NTMC) menggulirkan kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL). Kolaborasi kampanye ini juga didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) sebagai lembaga non-profit yang fokus dalam kegiatan bermasyarakat.


Kampanye GATEL dilakukan berdasarkan fakta-fakta pendukung di lapangan. Pertumbuhan pesat industri kendaraan bermotor tidak diimbangi dengan perkembangan fasilitas jalan raya, sehingga lalu lintas semakin padat. Semakin padat pengguna jalan, maka semakin rawan terjadi kecelakaan. Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia tahun 2016, jumlah angka kecelakaan mencapai 105.374 kejadian. Dari angka itu, terdapat korban jiwa sebanyak 25.859 jiwa, luka berat 22.939 orang dan luka ringan sebanyak 120.913 orang.


"Dapat kita lihat bersama, jalan raya sudah sangat padat dan berimbas pasa tingginya angka kecelakaan. Semoga melalui kampanye GATEL ini dapat memberikan dampak yang positif bagi pengguna jalan raya," ucap Andy Budiman, Digital Grup Director di sela peluncuran kampanye GATEL. Dengan menggandeng Korlantas dan NTMC, diharapkan program kampanye GATEL dapat disosialisasikan di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mengajak para pengguna jalan agar tertib dalam berlalu lintas dan saling menghargai sesama pengguna jalan raya demi keselamatan bersama.


Dalam kampanye ini Korlantas Polri juga akan menggelar beberapa razia atau operasi khusus yang dikaitkan dengan program GATEL. Beberapa titik kemacetan dan lokasi dengan frekuensi pelanggaran lalu lintas yang tinggi juga akan disambangi kampanye melalui tajuk GATEL on The Road. Selain itu juga akan diadakan sharing session bersama para komunitas dan redaksi dari Otomania.com untuk sosialisasi kampanye tertib berlalu lintas ini.