Polda Gelar Safety Riding Sambil Sosialisasi Penggolongan SIM

Meningkatkan hubungan humanis kepada masyarakat, khususnya pengendera sepeda motor. Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggelar kegiatan safety riding untuk komunitas motor se-Jabodetabek.

News Update

Polda Gelar Safety Riding Sambil Sosialisasi Penggolongan SIM
Polda Gelar Safety Riding Sambil Sosialisasi Penggolongan SIM

Target itu pun sudah terlaksana melalui safety riding course yang berlangsung pada Minggu (29/1), di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI).

Rencananya, kegiatan safety riding untuk komunitas motor akan dilangsungkan dua kali dalam setahun. Wacana tersebut disampaikan oleh Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ipung Purnomo.

“Safety riding ini adalah program yang pernah dilakukan Polda Metro Jaya sebelumnya. Sekarang akan kami tingkatkan lagi. Tujuannya supaya komunitas motor ikut andil menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Dengan menggandeng komunitas kami ingin menekan angka kecelakaan lalu lintas. Nantinya, mereka bisa memberikan pengalaman kepada yang lain,” kata Ipung, seperti ditulis Dapurpacu.com.

Kegiatan safety riding yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya, juga sebagai sosialisasi penggolongan Surat Ijin Mengemudi (SIM) bagi pemilik sepeda motor.

“Kegiatan safety riding akan dilangsungkan enam bulan sekali, dan ini berlaku untuk semua pengguna sepeda motor baik mesin kecil maupun besar, karena sekalian untuk mensosialisasikan penggolongan SIM, sehingga jika nanti pada waktunya dilaksanakan sudah bisa memahaminya. Karena saat ujian praktik membuat SIM materinya hampir sama,” tambahnya.