Perhatikan Ini Sebelum Kredit Mobil

Membeli mobil secara kredit jamak dan makin banyak dilakukan mengingat harganya tidak murah. Kendati demikian, tetap ada pertimbangan dan hal yang musti sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara mencicil.

News Update

Perhatikan Ini Sebelum Kredit Mobil
Perhatikan Ini Sebelum Kredit Mobil

Petrus Andre, Financial Content Manager, mengatakan ada beberapa hal dasar yang musti dipertimbangkan ketika memutuskan menyicil, mulai dari lama cicilan hingga jenis mobil tersebut.

“Mengambil kredit mobil juga harus dilakukan dengan bijak, Anda harus menghitung pemasukan tiap bulan dan juga harus memperhitungkan pengeluaran untuk cicilan mobil Anda,” katanya.

Memperhatikan berapa besar cicilan tiap bulan dan berapa jangka waktunya. Usahakan mengambil cicilan mobil tidak terlalu lama karena hal tersebut bisa membuat dompet terkuras jauh lebih dalam.

Berikut tips dari situs kredit mobil cermati.com jika ingin membeli mobil lewat cara kredit: 


1. Tentukan Jenis Mobil
Perhatikan jenis mobil seperti apa yang ingin dibeli. Apakah mobil yang hanya muat 5 orang atau mobil yang bisa memuat 7 orang? Sebab mobil dibeli untuk memudahkan aktivitas, bukan sebaliknya.

Jika tujuannya ingin mobil yang bisa menerobos kemacetan maka tidak ada salahnya memilih city car. Sebaliknya, jika buat keluarga besar pilihnya MPV, tentu sesuai budget karena MPV juga dibagi berdasarkan kelas mulai low, mid dan high.


2. Lakukan Perbandingan
Ketika sudah menentukan jenis mobil, selanjutnya melakukan perbandingan antara mobil yang satu dengan yang lain. Karena biasanya harga mobil berbeda-beda walaupun satu tipe.

Cara paling mudah ialah jelajah dunia maya. “Pastikan Anda memperhatikan hal-hal mendetail di mobil yang ingin Anda beli,” tambahnya.


3. Buat Perencanaan Pembayaran
Selanjutnya membuat perencanaan untuk pembayaran mobil tersebut. Langkah ini penting supaya jangan sampai kewalahan saat membayar cicilan mobil.

Usahakan untuk mencari cicilan yang singkat supaya tidak membebani pendapatan. Sebab semakin lama tenor, biasanya biaya cicilan semakin tinggi dan akan mengalami kerugian dari hal tersebut.

Penting untuk diingat kata Andre, jangan sampai meminjam uang untuk membayar cicilan mobil. Karena hal tersebut tidak baik, sama saja seperti menggali lubang untuk menutup lubang lainnya.

“Membeli mobil memang bukan perkara yang mudah apalagi jika berurusan dengan harganya yang mahal tapi Anda bisa membeli mobil dengan cara yang tepat jika menggunakan tips yang ada di atas,” katanya.


Sumber : Dapurpacu.com