Penggunaan ABS Motor Dikejar 2019

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) berharap, wacana penggunaan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) sebagai piranti wajib sepeda motor dapat direalisasikan secepatnya.

News Update

Penggunaan ABS Motor Dikejar 2019
Penggunaan ABS Motor Dikejar 2019

“Saya harap bisa diwujukan satu sampai dua tahun ke depan,” kata Gunadi Sindhuwinata, Ketua AISI di arena Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, di Jakarta Convention Center, seperti yang ditulis Dapurpacu.

Untuk itu lanjutnya, pihaknya saat ini sudah berdiskusi dengan Bosch membicarakan kemungkinan aplikasi ABS pada sepeda motor. AISI juga telah membawa masalah ini ke instansi terkait.

“Pokoknya satu atau dua tahun ini harus ada realisasinya, kalau tidak dari yang 250 cc turun ke bawah yang volumenya besar,” katanya.
Isu penggunaan sistem pengereman ABS di sepeda motor mulai dianggap ‘serius’ oleh beberapa negara, setelah Uni Eropa membuat UU penggunaan ABS awal 2016 untuk semua tipe kendaraan bermesin di atas 125cc.

Jepang dan India diketahui sedang menggodok UU penggunaan ABS dan bakal menerapkan hal serupa pada 2018. Disusul kemudian Taiwan yang menerepkannya pada 2019.


Foto : Auto Evolution