Operasi Zebra 2016 Polda Metro Jaya Terapkan E-Tilang

Dua hari pelaksanaan Operasi Zebra 2016 di wilayah hukum Polda Metro Jaya, telah mencatat jumlah pelanggaran kendaraan bermotor sebanyak 10.889 pelanggar. Dalam operasi yang berlangsung hingga 29 November nanti, Polda Metro Jaya menerapkan sistem tilang dengan memberikan blanko warna biru, bertujuan untuk menjalankan E-Tilang.

News Update

Operasi Zebra 2016 Polda Metro Jaya Terapkan E-Tilang
Operasi Zebra 2016 Polda Metro Jaya Terapkan E-Tilang

“Setiap pelanggar yang ditilang kami berikan lembar blanko warna biru. Hal ini untuk memberikan ruang kepada pelanggar untuk menitipkan uang denda tilang ke Bank. Dengan demikian E-Tilang berjalan,” buka Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jum’at (18/11).

Tujuan diberlakukannya E-Tilang, tambah Budiyanto, guna menghindari pengutan liar antara petugas dan pelanggar terutama yang berkaitan dengan masalah uang.

“E-Tilang bertujuan agar tidak terjadi pengutan liar antara pelanggar dengan petugas di lapangan, memangkas birokrasi, meningkatkan pelayanan, membangun transportasi, dan penjabaran reformasi hukum,” jelasnya.

Operasi Zebra 2016 wilayah hukum Polda Metro Jaya, menekankan pada penegakan hukum dengan sasaran pelanggaran-pelanggaran lalulintas yang berpotensi kecelakaan lalulintas, kemacetan, dan sasaran lain yang menjadi attensi.

“Sasarannya seperti melawan arus, melanggar traffic light, menaikan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya, parkir liar, dan penggunaan rotator tidak sesuai peruntukan,” imbuh Budiyanto.


Sumber : Dapurpacu.com