Nissan Skyline GT-R dari Masa ke Masa

Nama besar Nissan Skyline GT-R di kancah mobil sport didapat dari sejarah yang panjang. Dimulai sejak tahun 1957 ketika Prince Motor Company memperkenalkan sebuah mobil dengan mesin empat silinder bernama ‘Skyline’.

News Update

Nissan Skyline GT-R dari Masa ke Masa
Nissan Skyline GT-R dari Masa ke Masa

Namun sejak Nissan GT-R diperkenalkan di tahun 2007, ‘Godzilla’ pun menanggalkan nama Skyline. Setelah Nissan GT-R R35 kini legenda tersebut akan berlanjut dengan kehadiran Nissan GT-R Nismo 2017.

Indonesia International Motor Show 2016 (IIMS 2016) bulan April lalu memajang dua kendaraan sport legendaris, yakni Nissan Skyline GT-R R32 dan Nissan GT-R di dalam satu booth khusus. Bagi IIMS lovers yang penasaran, berikut perjalanan Nissan Skyline GT-R dari masa ke masa.

Nissan Skyline GT-R C10 “Hakosuka”

Inilah GT-R pertama yang pernah dibuat. Ia merupakan salah satu mobil sport ikonik di dunia. Menggendong mesin 2000cc dengan 160 tenaga kuda membuatnya disegani saat itu.

Julukan “Hakosuka” merupakan gabungan dua kata “Hako” yang berarti kotak (mengacu pada bentuknya yang boxy) dan “Suka” nama pendek dari Skyline. Kurang lebih berarti Skyline kotak.

Kini Skyline kotak tersebut menjadi collector item di kalangan penggemar mobil sport di dunia.


Nissan Skyline GT-R C110

Generasi kedua ini juga layak jadi koleksi karena hanya dibuat 172 unit saja oleh Nissan di tahun 1973. Hal itu disebabkan karena di awal tahun 70-an dunia dilanda krisis minyak yang membuat mobil sport kurang populer di pasaran.

Skyline tahun 1973 ini memiliki julukan “Kenmeri” merujuk pada pasangan kekasih Ken dan Mary yang digunakan di iklan mobil ini.


Nissan Skyline GT-R R32

R32 merupakan platform untuk GT-R modern yang ada saat ini. Ia dipersenjatai dengan all-wheel drive dengan mesin berkekuatan 310 tenaga kuda. Skyline GT-R R3s diproduksi mulai tahun 1989 – 1994.


Nissan Skyline GT-R R33

Diproduksi dalam kurun waktu 1995 – 1998 ia meneruskan R32 dan dihadirkan dalam dua pilihan GT-R dan GT-R V.spec yang lebih “buas”.


Nissan Skyline GT-R R34

R34 digadang sebagai model Skyline yang juga ikonik. Sepertinya julukan “Godzilla” muncul saat model ini mulai laris dipasaran.

Diproduksi dalam periode 1999-2002, ia menggendong mesin 2600cc berkekuatan 330 tenaga kuda! Mungkin dari sinilah julukan tersebut muncul.


Nissan GT-R R35

Setelah Skyline GT-R R34 sukses di pasaran, Nissan menanggalkan nama Skyline dan membuat GT-R R35 yang sampai kini menjadi mobil sport asal Jepang yang mampu meraih hati pecinta mobil sport di dunia.



 Foto : Top Gear