Mitsubishi Indonesia Ajak Media Lihat Langsung Proses Produksi Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander banyak memukau pecinta otomotif di Indonesia. Untuk melihat proses produksinya, Mitsubishi ajak kalangan media berkunjung ke pabrik pembuatan Xpander di Bekasi, Jawa Barat (7/2/2018).

News Update

Mitsubishi Indonesia Ajak Media Lihat Langsung Proses Produksi Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Indonesia Ajak Media Lihat Langsung Proses Produksi Mitsubishi Xpander

Pabrik milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) tersebut berada di Kawasan Industri GIIC, Bekasi, Jawa Barat. Ada dua model kendaraan Mitsubishi diproduksi di fasilitas ini, yaitu Xpander dan Pajero Sport.

 

"Seluruh fasilitas pabrik Mitsubishi Motors secara ketat mengikuti standar kualitas keselamatan dan produksi global. Hal sama diterapkan dalam memproduksi Xpander berapa pun jumlah pemesanannya," ujar Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) Takao Kato, seperti dikutip oleh GridOto.com.

 

Sebagai sebuah pabrik mobil modern, pabrik MMKI menerapkan New Plant Concept dengan dua poin utama.

 

Poin pertama adalah High Quality & Reliable Product, atau produk berkualitas tinggi yang dapat diandalkan. Sedangkan yang kedua adalah Environmentally Friendly atau ramah lingkungan.

 

Untuk mencapainya, pabrik ini didukung peralatan modern dan teknologi tinggi untuk lakukan proses produksi. Sekitar 40 persen dari total proses produksi menggunakan robot, sementara 60 persennya tenaga manusia.

 

Proses pertama dari pembuatan Mitsubishi Xpander adalah Stamping. Prosesnya menggunakan Full Automated Press Line (robot) yang dapat melakukan 10 stroke per menit.

 

Kedua, Welding yang menggunakan Flexible Robotic Line for Various Model. Saat ini, 1 line dapat melakukan proses welding untuk satu model saja.

 

Ketiga adalah Painting. Prosesnya menggunakan Robotic Spray Painting untuk menghasilkan pengecatan kualitas tinggi dan efisiensi. Keempat Assembling, menggunakan teknologi Traceability (barkode), Kit Supply System dan Tatami Conveyor.