Mengenal Masalah & Solusi Oli Mesin

Lakukan pengecekan pelumas dengan dipstick dan perhatikan apakah kadar masih dalam batas ideal.

News Update

Mengenal Masalah & Solusi Oli Mesin
Mengenal Masalah & Solusi Oli Mesin

Fungsi pelumas amat penting bagi mesin. Tugasnya selain melapisi komponen internal mesin agar terhindar dari keausan, pelumas turut bertugas sebagai penstabil suhu dan pembersih mesin dari kotoran. Jadi, melakukan pengecekan sebaiknya dilakukan secara berkala, apalagi ketika ingin melakukan perjalanan jauh, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan pelumas mobil.

Lakukan pengecekan pelumas dengan dipstick dan perhatikan apakah kadar masih dalam batas ideal. Selain itu, perhatikan riwayat penggantian pelumas. Dan ketika melakukan penggantian pelumas, disarankan mengecek kondisi saringannya. Idealnya saringan diganti setelah melakukan dua kali penggantian pelumas.

Lantas, apa saja yang kerap timbul masalah seputar pelumas? Berikut beberapa problem yang biasa terjadi berikut solusinya.

Masalah :

  • Jumlah pelumas atau di bawah garis minimal pada dipstick atau indikator pelumas di dasbor menyala. Saat melakukan perjalanan, kemungkinan jumlah pelumas berkurang akibat suhu mesin yang tinggi atau terjadi kebocoran.
  • Warna pelumas hitam pekat atau kadang kotor dan terdapat butiran halus atau gram pada pelumas.
  • Warna pelumas coklat muda atau biasa disebut ?putih susu’. Mengindikasikan pelumas tercampur dengan air.
  • Terdapat asal putih yang pekat keluar dari mulut knalpot. Asap putih akan semakin mengepul seiring kita berakselerasi.


Solusi :

  • Jika jumlah pelumas berkurang bisa menambahkankannya dengan jenis dan tingkat kekentalan yang sama. Sehingga disarankan untuk membawa pelumas dengan spesifikasi yang sama dengan yang digunakan selama perjalanan.
  • Warna pelumas hitam berarti telah mencapai jarak 5.000 km atau lebih. Segera lakukan penggantian pelumas. Jika terdapat kotoran atau butiran gram halus, menandakan komponen internal mesin anda sudah aus. Segera lakukan pengecekan mesin.
  • Jika warna pelumas putih susu, berarti pelumas sudah terkontaminasi dengan air akibat menerjang banjir atau kerusakan pada komponen internal mesin. Segera lakukan kuras dan penggantian pelumas. Disarankan pula untuk melakukan pengecekan mesin.
  • Jika terdapat asap putih pekat dari mulut knalpot, berarti komponen internal mesin ada yang aus. Sehingga, pelumas turut terbakar di ruang pembakaran. Akibatnya, pelumas akan cepat berkurang. Segera lakukan pengecekan mesin atau overhaul.