Mengenal Distraction Driving

Distraction driving merupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu-lintas.

News Update

Mengenal Distraction Driving
Mengenal Distraction Driving

Konsentarsi saat mengemudi merupakan faktor yang sangat penting. Memperhatikan situasi jalanan saat mengemudi, tentu membutuhkan kewaspadaan ekstra. Lengah sedikit, bahaya siap menghadang.

Distraction driving merupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu-lintas. Hal ini berupa pengalihan perhatian saat mengemudikan mobil. Pengalihan perhatian bisa berupa mengalihkan mata dari jalan, mengalihkan tangan dari kemudi maupun mengalihkan pikiran dari kegiatan berkendara.

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengemudi tapi tanpa disadari sangat membahayakan adalah makan, utamanya makanan yang mudah tercecer. Remah-remah yang tercecer memiliki potensi membuyarkan konsentrasi pengemudi. Hal ini akan mengalihkan tangan dari kemudi dan menyebabkan hilangnya kontrol terhadap kendaraan.

Menelepon saat mengemudi termasuk distraction driving. Bukan hanya kegiatan menelepon yang menyebabkan beralihnya perhatian saat mengemudi, namun objek pembicaraan yang bisa membuyarkan konsentrasi berkendara. Menggunakan handsfree bukan solusi. Solusinya adalah tidak menerima maupun menelpon!

Oleh karena bahaya yang disebakan oleh distraction driving cukup banyak, maka sebelum mengemudi sebaiknya Anda perlu mempersiapkan hal-hal penting mengenai urusan selain mengemudi. Soal perut, usahakan makan secukupnya sebelum berkendara jarak jauh, sehingga Anda memiliki energi yang cukup.

Jika ada panggilan telpon ataupun ada pesan masuk ke ponsel, menepilah dan berhenti sejenak, sekadar untuk membacanya. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, matikan nada dering dan gunakan mode silent. Karena se per sekian detik pun konsentrasi Anda teralihkan, bisa menyebabkan kecelakaan fatal.