Kaliurang Generasi 2 Siap Beraksi

Karya mahasiswa UII Jogjajakarta akan ikuti Formula Student di 3 Negara

News Update

Kaliurang Generasi 2 Siap Beraksi
Kaliurang Generasi 2 Siap Beraksi

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 memang lengkap. Tak hanya menghadirkan produk terbaru mobil dan motor saja, IIMS 2017 juga turut mendukung hasil karya anak bangsa. Salah satunya bisa ditemui di Hall C melalui Kaliurang Unisi 2.

Kaliurang Unisi 2 adalah mobil listrik hasil karya mahasiswa Teknik Universitas Islam Indonesia (UII). Sesuai dengan namanya, mobil yang desainnya menyerupai mobil formula ini merupakan generasi kedua. Generasi pertamanya dinamakan Kaliurang Unisi 1, yang memiliki segudang prestasi.

Sebagai generasi kedua, Kaliurang Unisi 2 mengalami sejumlah pengembangan. Dengan tetap mengacu pada regulasi Formula Student, mobil ini dirancang sedemikian rupa agar memiliki bobot lebih ringan dibanding pendahulunya. Inilah mengapa mereka memutuskan untuk menggunakan desain layaknya mobil formula.

Selain itu, bobot mobil juga tereduksi berkat pemakain baterai Litihium Ion yang lebih ringan dan dapat di-charge dengan waktu 2-3 jam saja. Bentuk baterai yang lebih ringkas juga menjadi salah satu  alasan mengapa bobotnya bisa tereduksi cukup signifikan.

Hebatnya, sejak Kaliurang Unisi 1, para mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan Teknik di UII Jogja ini sudah menggunakan sistem operasi android untuk memantau kondisi mobil. Salah satunya memantau kecepatan dan posisi mobil berada. Bahkan sistem operasi ini juga sanggup memarkirkan mobil secara otomatis.

Dengan proses pengerjaan selama kurang lebih 6 bulan, Kaliurang Unisi 2 sudah menorehkan prestasi mentereng. Salah satunya meraih juara sebagai mobil dengan akselerasi tercepat di kompetisi mobil listrik yang diadakan oleh Politeknik Negeri Bandung pada tahun 2015. Dan terbaru, mobil dengan panjang 3 meter dan lebar 2 meter ini tampil sebagai yang terbaik dalam kategori deselerasi pada bulan November 2016 diajang yang sama.

Rencananya, Kaliruang Unisi 2 tahun ini akan dikirim ke tiga kejuaraan di luar negeri. Negara yang akan dituju adalah Italia, Australia, dan Jepang untuk berkompetisi di Formula Student. Semoga produk asli Kaliurang Jogjakarta ini mendapat hasil positif.