IOF Rock Crawling Warfare

Indonesian Off-road Federation Rock Crawling Warfare merupakan kompetisi mobil off-road dengan jalur trek yang dibuat diatas gundukan batu yang menyerupai kura-kura dengan tanjakan yang bisa mencapai lebih dari 45 derajat.

News Update

IOF Rock Crawling Warfare
IOF Rock Crawling Warfare

Indonesian Off-road Federation (IOF) Rock Crawling Warfare merupakan kompetisi mobil off-road dengan jalur trek yang dibuat diatas gundukan batu yang menyerupai kura-kura dengan tanjakan yang bisa mencapai lebih dari 45 derajat. Kompetisi tahun ini merupakan kali kedua yang diadakan di IIMS sebagai salah satu supporting outdoor program yang tentunya mendukung serta memberikan sarana penuang hobi bagi para pecinta mobil-mobil modifikasi khususnya mobil off-road. 

Kegiatan IOF Rock Crawling Warfare ini berbeda dengan tahun sebelumnya, perbedaan tahun lalu dengan tahun ini yaitu tahun ini diadakan pula edu class dari pakar terkait. Dalam edu class yang bertajuk 4x4 Experience: Feel the Essence of Fourwheeling On Track
, Guided by Pro ini salah satu 
pembicara yaitu Reza Hariputra (Java Adventura) tentunya akan memberikan ilmu serta detil-detil terkait dunia off-road rock crawling.

Jika menilik ke awal mula dari aktifitas off-road, kegiatan ini sendiri awalnya tenar di Amerika, hingga sampai pada akhirnya aktifitas off-road rock crawling mulai memasuki Indonesia yang mana tentunya melalui beberapa adaptasi sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan medan serta dinamika di lingkungan Indonesia. Untuk arenanya sendiri, rock-crawling biasanya akan melalui medan terjal seperti bebatuan, tanjakan, dan medan-medan ekstrim lainnya yang mana memang khusus memerlukan tipe mobil yang dapat dikendarai di medan bebatuan, tanjakan, atau pun medan terjal lainnya.

Pada dasarnya, aktfitas ini tidak hanya dapat dilakukan pada medan tersebut tetapi bisa juga dilakukan di area jalan perkotaan dengan cara membuat rancangan arena yang dibentuk semirip mungkin dengan medan aslinya salah satunya menggunakan bahan semen serta puing-puing bebatuan seperti pada kegiatan IOF Rock Crawling Warfare tersebut. Aktifitas ini sendiri biasanya menggunakan kendaraan Jeep 4x4 wheel drive yang sudah dimodifikasi. Spesifikasi jenis kendaraan seperti ini dapat di modifikasi dengan sesuai keinginan pengguna, namun berdasarkan standard yang sudah di tetapkan mengingat kegiatan ini merupakan aktfitas yang cukup ektsrim.

Kegiatan ini sejatinya sudah populer di Indonesia sejak tahun 2007, namun dikarenakan banyak kendala teknis seperti kurangnya support dari pihak-pihak terkait atau pun kendala-kendala lainnya maka kegiatan yang memacu adrenialin ini sempat kurang mendapat perhatian dari masyarakat.Namun, seiring berjalannya waktu kegiatan ini mulai dikenal dan salah satu komunitasnya yaitu IOF mulai mengadakan pertunjukan untuk memperlihatkan aktifitas off-road rock crawling ini kepada publik yang mana kegiatan tersebut selenggarakan di beberapa lokasi yang ada di Jakarta dan sekitarnya.