Inilah Alasan Busi Bisa Pecahkan Kaca Mobil

Meski terbuat dari bahan yang lebih sulit pecah karena memiliki pori-pori yang rapat, kaca mobil nyatanya bisa dengan mudah pecah ‘hanya’ gara-gara dilempari serpihan keramik busi motor. Lantas, kenapa hal tersebut bisa terjadi?

News Update

Inilah Alasan Busi Bisa Pecahkan Kaca Mobil
Inilah Alasan Busi Bisa Pecahkan Kaca Mobil

Ternyata, keramik busi alias oxide ceramic memiliki skala kekerasan setingkat di bawah intan, material terkeras di muka bumi ini. Rinciannya, tingkat kekerasan busi mencapai 9 skala Mohs atau kurang 1 angka dari kekerasan intan yang mencapai 10 skala Mohs.

Sementara itu, kaca mobil terbuat dari batu kwarsa yang memiliki tingkat kekerasan di bawah keramik busi, yaitu hanya 6,5 skala Mohs.

Mulanya, cara memecahkan kaca mobil ini kerap dipraktikkan para pencuri di luar negeri, terutama Amerika Serikat. Bahkan di beberapa negara, membawa serpihan keramik besi saja sudah merupakan tindakan pidana dengan sanksi berupa denda, hingga penjara.

Namun dalam perkembangannya, cara maling mobil dengan menggunakan busi untuk memecahkan kaca mobil ini mulai ditemukan di Indonesia dalam dua tahun terakhir. Jadi sebaiknya, lengkapi mobil IIMSlovers dengan alarm dan jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil.



Sumber : Ganlob.com