Ini Fitur Jagoan dari All New Yamaha R15

All New Yamaha R15 yang baru saja dikenalkan bersama Maverick Vinales, punya fitur yang diunggulkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

News Update

Ini Fitur Jagoan dari All New Yamaha R15
Ini Fitur Jagoan dari All New Yamaha R15

Namanya juga Baby R6, jadi panel instrument yang terdapat pada meter cluster seperti pada moge-moge Yamaha, semuanya full digital, yakni neutral indicator, water temperature, gear indicator dan engine warning indicator.

Selain itu, terdapat juga odometer, tripmeter, instant fuel, economy yang menunjukkan konsumsi bensin secara real time, average fuel economy,setting mode, jam, fuel trip meter, dan self diagnosis.

Asiknya, fitur shift timing light yang berfungsi mengingatkan pengendara untuk memindahkan perseling. Nyala lampunya berkedip lambat, berkedip cepat dan menyala tanpa kedipan. Istimewanya, rpm untuk menyalakan shift timing light bisa diatur.


“Jadi shift timing light itu bisa disetting sesuai keinginan pengendara, jadi bisa di rpm 8000, 9000 atau 7000 bisa disesuaikan menurut keinginan pengendara,” ungkap Ridwan Arifin, Service Education PT YIMM.

Selain itu, motor ini mengadopsi teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Putaran kruk as yang dibantu rantai keteng memutar kem. Nah pada teknologi VVA ini, kem terdapat tiga bumbungan. Satu kem low, satu kem high (dua kem tadi masuk ke dalam kem in) dan satu lagi kem out.

Engine Control Unit (ECU) membaca putaran mesin, ketika 7400 rpm bumbungan kem low yang mendorong rocker arm guna menggerakkan klep berpindah atas perintah ECU ke solenoid ke kem high untuk menonjok klep. Sehingga bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, tidak terlalu kaya juga tidak terlalu miskin alias efesien, itu lah cara kerja VVA. Hanya sayang, Yamaha Indonesia belum mau memberikan informasi durasi kem low dan kem high.

Selain itu pada motor Yamaha R15 ini, terdapat slipper clutch yang dapat mengurangi terjadinya back torsi. Sehingga ketika pengendara mengurangi gigi perseneling pada rpm tinggi, roda belakang tidak begitu mengunci. Otomatis pengendara itu bisa masuk ke tikungan lebih baik, dan keluar tikungan juga lebih baik karena powernya terdistribusi secara baik.

Keunggulan itu yang membuat Yamaha Indonesia percaya diri menyebutkan angka 7500 unit, untuk penjualan selama satu bulan.



Sumber : Dapurpacu.com