Ini 5 Faktor Penentu Ketahanan Aki Kendaraan

Salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor adalah baterai (aki). Peran aki sendiri untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya.

News Update

Ini 5 Faktor Penentu Ketahanan Aki Kendaraan
Ini 5 Faktor Penentu Ketahanan Aki Kendaraan

Di pasar, aki untuk kendaraan bermotor dibedakan dalam dua tipe, yakni aki basah dan MF (Maintenance Free) atau biasa disebut aki kering. Untuk tipe kedua ini lebih banyak dipakai sepeda motor model terkini, termasuk sebagai komponen standard.

Kendati ada jenis aki MF, tapi komponen penyuplai kelistrikan kendaraan ini tetap perlu diperhatikan, demi menjaga durabilitas aki agar bisa bertahan lama.

Untuk itu, Chanel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Deddy Ismanto, menjelaskan ada 5 faktor mempengaruhi durabilitas aki. Antara lain;


1. Perhatikan Saat Pemasangan Aki
Ini terutama untuk yang memakai aki tipe basah, perhatikan jika pertama kali harus mengisi dulu cairan aki, jangan sampai banyak yang tumpah, atau kurang. “Tentu ini mempengaruhi umur aki saat digunakan sesudahnya,” terang Deddy.


2. Sesuaikan Kapasitas Aki dengan Kendaraan
Misalnya, sepeda motor yang membutuhkan baterai 3,5 ampere, tapi diberikan aki 2,5 ampere maka kinerjanya tidak akan maksimal.

Apalagi, jika kendaraan yang digunakan dipasangkan lagi aksesori tambahan yang membutuhkan suplai listrik lebih banyak. Aki yang dibebani terlalu berlebih mempengaruhi masa pakainya.


3. Perawatan
Bagi Deddy, jika pun memakai aki tipe MF pemilik kendaraan tetap saja harus melakukan perawatan. Untuk hal perawatan berkala, Deddy lebih menganjurkan langsung membawanya ke bengkel. karena, di bengkel memiliki alat khusus melakukan pengecekan aki. Jadi, ingatnya, jangan sampai pengecekan dilakukan setelah aki dirasa ada keluhan.


4. Perhatikan aksesori tambahan di Kendaraan
Penggunaan perangkat (aksesori) elektronik berlebihan juga dapat mempengaruhi umur pakai aki. Seperti dipasangi sound system dan lampu tambahan yang tidak sesuai standard.


5. Karakter Pemakaian
Karakter pamakaian sepeda motor, menurut Deddy, yakni pemakai intensif dan karakter pengendara fashion dalam arti hanya menggunakan motor sesekali saja juga menentukan keawetan aki kendaraan.


Sumber : Dapurpacu.com