Ikuti 7 Langkah Ini Saat Cuci Mobil

Mobil bersih membuat berkendara semakin nyaman dan menyenangkan

News Update

Ikuti 7 Langkah Ini Saat Cuci Mobil
Ikuti 7 Langkah Ini Saat Cuci Mobil

Seperti manusia, mobil juga dibersihkan secara berkala. Weekend adalah waktu yang tepat untuk kembali melihat kondisi mobil baik eksterior maupun interior. Tak pandang bulu, mobil baru maupun mobil lama harus dibersihkan untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, apalagi jika Anda masih memiliki balita, memiliki mobil bersih menjadi sebuah keharusan.

Mencuci mobil bisa dilakukan sendiri atau dapat pula datang ke tempat cuci mobil yang tersebar di berbagai tempat. Kalau punya niat cuci mobil sendiri, kami berikan beberapa trik cuci mobil yang baik dan benar.

1. Tempat Teduh
Hindari mencuci mobil saat cuaca sangat terik atau mobil langsung terkena sinar matahari. Ini agar air tidak kering dibodi yang berakibat timbulnya jamur dipermukaan bodi mobil.

2. Periksa Kondisi Bodi Mobil
Jika mobil dalam keadaan sangat kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan membilasnya menggunakan air dan lap. Pastikan bahwa proses ini telah dilakukan dengan rata atau seluruh kotoran telah diangkat.

3. Semprot Kolong Mobil
Fungsinya mengusir kotoran-kotoran yang melekat kuat seperti tanah yang mengering atau aspal, khususnya pada kaki-kakiatau kolong ban. Gunakan sikat yang dapat menjangkau area yang ingin dibersihkan. Pada tahap ini, Anda bisa juga sekaligus memberikan ban.

4. Gunakan Shampoo Mobil
Proses selanjutnya adalah gunakan shampoo mobil untuk membasuh seluruh permukaan bodi mobil. Gunakan spons untuk memudahkan dan mempercepat proses cuci mobil.

5. Bilas Dengan Lembut,
Atur tekanan air dan jangan terlalu keras (dibawah 200 Psi). Proses bilas dimulai dari atas ke bawah, atap, kap mesin lalu ke bodi. Sabuni, lalu bilas dengan air, rasakan dengan tangan.

6. Keringkan
Mengeringkan bodi mobi sebaiknya dilakukan 2 kali. Bisa menggunakan lap chamois untuk hilangkan bercak air di bodi untuk langkah pertama. Selanjutnya gunakan lap micro fiber untuk finishing-nya. Gunanya melindungi cat mobil dari goresan-goresan halus.

7. Vacuum Cleaner
Jika bodi mobil telah bersih dan sudah dilap kering, bagian terakhir adalah ruang kabin. Keluarkan semua karpet. Jika karpet berasal dari bahan karet, maka bersihkan menggunakan sikat dan kemudian dikeringkan. Tapi bila karpet menggunakan material kain atau berbulu, gunakan vacuum cleaner untuk mengusir kotoran atau pasir. Setelah itu, bersihkan karpet dasar mobil menggunakan vacuum cleaner. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jok yang biasanya banyak ditemukan kotoran makanan atau debu.