Ikuti 4 Langkah Mencuci Ruang Mesin

Baru selesai liburan menggunakan mobil? Kondisi cuaca tidak menentukan seperti saat ini membuat kompartemen mesin menjadi rentan kotor.

News Update

Ikuti 4 Langkah Mencuci Ruang Mesin
Ikuti 4 Langkah Mencuci Ruang Mesin

Mungkin ada niatan dari Anda untuk membersihkan sendiri  kompartemen mesin. Kami akan berikan tips-nya untuk Anda.

Tapi ada hal yang harus diperhatikan sebelum proses pengerjaan dimulai. Tidak semua komponen di ruang mesin dapat terkena air. Jadi, saat mencuci ruang mesin, wajib hukumnya untuk ekstra hati-hati dan melindungi beberapa bagian agar tidak langsung terkena air. Bagian yang rentan tersebut adalah boks sekring, ECU (khusus mobil yang menempatkan ECU di ruang mesin), alternator, kabel dan socket, dan sensor elekterikal.

Bagaimana langkah membersihkan ruang mesin? Ikuti cara ini;

1. Sistem Kelistrikan
Pastikan seluruh sistem kelistrikan dalam keadaan mati. Alangkah lebih baik kalau komponen kelistrikan dilindungi menggunakan plastik agar tidak langsung terkena air.

2. Engine Degreaser
Berbagai merk engine degreaser banyak ditemui di pasaran. Gunakan engine degreaser pada bagian yang terkena noda atau bekas tetesan oli. Ratakan dengan kuas dan diamkan selama 10 menit agar noda dapat terangkat maksimal.

3. Gunakan Spray
Langkah selanjutnya bilas dengan air bersih. Kami rekomendasikan untuk menggunakan spray air agar derasnya air dapat diatur sehingga tidak langsung terkena komponen kelistrikan. Pastikan penyemprotan sudah merata ke setiap bagian.

4. Pastikan Kering
Gunakan lap chamois untuk mengeringkan air di sekitar ruang mesin, termasuk di celah-celah kabel. Pastikan seluruh bagian sudah dikeringkan dengan rata. Pengeringan akan lebih maksimal bila menggunakan semprotan air yang berasa dari kompresor. Tapi bila tidak memungkinkan, tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa air telah kering, baru kemudian mesin dapat diaktifkan.