IIMS Road Safety for Children

IIMS Road Safety for Children merupakan program yang mengajak keluarga serta anak-anak untuk lebih memperhatikan norma-norma berlalu lintas.

News Update

IIMS Road Safety for Children
IIMS Road Safety for Children

Setiap tahunnya Indonesia International Motor Show selalu memberikan suguhan terbaru demi meningkatkan kualitas acara dari IIMS itu sendiri. Untuk itu, IIMS kembali menghadirkan salah satu kegiatan edukasinya dengan mengajak keluarga serta anak-anak untuk lebih memperhatikan norma-norma berlalu lintas. Acara terbaru dari IIMS 2016 tersebut adalah IIMS Safety Ride for Children

Apa itu Road Safety For Children ?

yaitu kegiatan yang diperuntukan bagianak-anak demi memberikan edukasi kepada mereka terkait berlalu lintas yangbaik serta tata tertibnya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dalam etika berkendara semenjak dini sehinggamereka pun dapat turut berkontribusi untuk membantu mengingatkan orang tua mereka masing-masing dalam berlalu lintas yang baik.

IIMS Safety Ride for Children initerselenggara atas kerjasama IIMS, KORLANTAS, IMI, dan FIA sebagai supporting program dari rangkaian acara IIMS 2016. Dengan pendidikan lalu lintas sejak usia dini, diharapkan anak-anak bisa mencerna dan mengingat materi yang akan di sampaikan oleh para pembina serta polwan yang bertugas dengan konsep yang realistis atau dibuat seperti aslinya dan juga menyenangkan tersebut. Dengan begitu, anak-anak bisa menjaga keamanan diri sendiri dan mengingatkan para orang tua agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas demi keamanan berkendara.

Di IIMS 2016, kegiatan IIMS Safety Ridefor Children ini sendiri berada di area outdoor IIMS dengan luas 60x16 M2dan disana terdapat simulasi area lalu lintas yang dikemas secara menarik dan tentunya tidak melupakan sisi keamanan bagi anak-anak. Kegiatan ini diperuntukan untuk anak-anak berusia 6-13 tahun dengan dukungan serta pemantauan dari para orang tua serta petugas. Untuk bergabung dengan kegiatan ini, awalnya anak-anak akan melakukan registrasi peserta, kemudian mereka akan diajak ke ruang edukasi untuk diberi bekal oleh para pembina serta polwan yang bertugas sebelum anak-anak tersebut mulai melakukan simulasi lalu lintas. Setelah itumereka akan diajak mengendarai Mobil Kiddos atau sebutan untuk mobil mini yang dirancang sangat aman untuk anak yaitu hanya berkecepatan 3 km/jam.

Setelah kegiatan simulasi berlalulintas selesai, anak-anak yang ikut berpartisipasi akan mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Anak, yaitu replika SIM yang dirancang seunik mungkin dan dikhusukan untuk anak-anak. Dengan SIM Anak itu, anak-anak dapat kembali bermain di arena IIMS Safety Ride for Children jika sewaktu-waktu mereka ingin berlainkembali disana. Selain itu, SIM Anak tersebut merupakan bentuk apresiasi dari IIMS Safety Ride for Children atas partisipasi anak-anak dalam kegiatan simulasi lalu lintas tersebut dan juga representatif dari pendidikan yang mengajarkan bahwa sejak dini pun anak-anak harus dilatih agar ketika mereka ingin berkendara, mereka harus menaati peraturan lalu lintas yang ada, salah satunya dengan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).