Hujan Gerimis Sangat Berbahaya Bagi Pemotor

Cuaca hujan menjadi salah satu kendala saat berkendara, terutama bagi pengendara sepeda motor. Berkendara saat hujan, jarak pandang kita akan terganggu, oleh sebab itu, perlu waspada dan hati-hati ketika berkendara saat hujan.

News Update

Hujan Gerimis Sangat Berbahaya Bagi Pemotor
Hujan Gerimis Sangat Berbahaya Bagi Pemotor

Ternyata hujan dengan intensitas tinggi (deras) tidaklah berbahaya, justru saat hujan rintik atau gerimis akan lebih berbahaya bagi pengendara sepeda motor, menurut Anondo Eko, salah satu instruktur safety riding Michelin Safety Academy.

“Kalau kita riding saat hujan deras memang jarak pandang kita akan terganggu, tapi sebenarnya yang paling bahaya justru kalau hujan gerimis,” buka pria yang akrab disapa Eko.

Menurut Eko, saat hujan gerimis, batu-batu kecil atau pasir yang ada di jalan akan lebih mudah terangkat atau terlempar oleh ban motor sehingga rawan mengenai wajah pengendara yang ada di belakangnya. Selain itu marka jalan juga akan sangat licin dibandingkan dengan hujan deras.

“Kalau hujan gerimis batu-batu kecil atau pasir akan sangat mudah terlempar dari putaran roda kendaraan yang ada di depan kita, sehingga rawan mengenai mata kita, apalagi jika kita berkendara menggunakan helm yang tidak dilengkapi dengan kaca pelindung muka,” jelas Eko.

Eko menyarankan, jika harus tetap berkendara dalam kondisi gerimis, agar menghindari marka jalan, karena marka jalan akan menjadi sangat licin saat gerimis.

“Jika berkendara saat gerimis, hindari marka jalan, karena akan sangat licin dan itu sangat berbahaya. Saran saya jika menggunakan helm half face, pakailah pelindung tambahan seperti kaca mata, untuk menghindari pasir supaya tidak langsung mengenai mata,” saran Eko.


Sumber : Dapurpacu