Ferrari Tiba-Tiba Lirik Balap Formula E

Ferrari selama ini selalu menegaskan tidak tertarik untuk ikut masuk ke pasar mobil listrik. Namun, baru-baru ini secara mengejutkan Ferrari membuka kemungkinan untuk bergabung di balap Formula E.

News Update

Ferrari Tiba-Tiba Lirik Balap Formula E
Ferrari Tiba-Tiba Lirik Balap Formula E

Ya, Formula E, balap mobil single seater bertenaga listrik. Pernyataan datang langsung dari Chairman dan CEO Ferrari, Sergio Merchionne, dengan menyebut Ferrari bisa saja turun di FE dalam beberapa tahun mendatang, namun dengan beberapa syarat.

“Jawabannya adalah iya. Saya telah menderita dengan ini bersama kolega saya di sini di Ferrari cukup lama. Saya akan beri Anda jawaban untuk masalahnya,” kata Marchionne diwawancara Autosport.

“Jika Formula E mengharuskan orang-orang mengganti mobil selama balapan karena kita menghabiskan tenaga yang ada pada mobil tersedia, itu bukan sesuatu yang Ferrari tertarik secara alami.

“Kedua, standardisasi terkait dengan mobil listrik adalah sesuatu yang bertentangan dengan arah dari Ferrari karena jika tidak akan mencegah (Ferrari) dari bermain apapun yang dilakukan secara teknis pada sebuah kendaraan.”

Marchionne mengacu pada regulasi FE yang saat ini seluruh tim menggunakan chassis dan powertrain seragam, dengan pemasok tunggal. Sementara Ferrari ingin membuat dan mengembangkan sendiri mobil secara utuh, layaknya di F1.

Jika benar terjadi, Ferrari akan menjadi pabrikan eksotis pertama yang berlaga di FE, karena selama ini diramaikan oleh pabrikan premium dan konvensional seperti Audi, Jaguar, Renault, Mahindra. Sedangkan pabrikan spesialis mobil listrik diwakili Venturi dan Faraday Future.


Sumber : Dapurpacu