City Rally, Mini GP dan Komunitas Motor Ramaikan IIMS 2016

Hampir semua wilayah pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) 2016 telah di-booking peserta. Pameran terbesar se-Indonesia di JIExpo Kemayoran Jakarta, 7-17 April, itu bakal sesak oleh promo APM (Agen Pemegang Merek), baik kendaraan roda empat maupun roda dua

News Update

City Rally,  Mini GP dan Komunitas Motor Ramaikan IIMS 2016
City Rally, Mini GP dan Komunitas Motor Ramaikan IIMS 2016

Hampir semua wilayah pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) 2016 telah di-booking peserta. Pameran terbesar se-Indonesia di JIExpo Kemayoran Jakarta, 7-17 April, itu bakal sesak oleh promo APM (Agen Pemegang Merek), baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Semua pemain besar di bisnis mobil dan motor akan hadir. Praktis pihak Dyandra Promosindo selaku pemilik event tinggal mematangkan supporting event untuk mengejar target pengunjung kisaran 380.000 orang.

 

Sebulan menjelang hari ‘H’, persiapan panitia lebih fokus menyiapkan acara pendukung karena masing-masing exhibitors sudah menyiapkan diri masing-masing, termasuk acara-acara hiburannya yang sebagian diantaranya melibatkan artis-artis ibukota.

 

“APM telah menyiapkan live entertainment tersendiri pada booth masing-masing. Saat ini enerji terbesar kami dipakai untuk menyiapkan acara-acara pendukung guna meningkatkan dan memanjakan pengunjung, khususnya acara-acara baru dan acara lama yang diperbaharui,” ucap Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

 

Sebagian besar dari 50-an acara pendukung tahun lalu tetap dipertahankan, sebagian lagi dimodifikasi demi meningkatkan kehebohannya. Thousands Car March, misalnya, format penyelenggaraannya berubah total dari tahun lalu. Kalau edisi 2015 peserta hanya konvoi dari Senayan ke JIExpo Kemayoran, maka tahun ini sekitar 80-an mobil peserta akan digiring mengelilingi Jakarta dengan konsep City Rally. Tak hanya keliling, tapi peserta juga harus banyak berpikir sepanjang rute agar bisa menemukan check point yang ditentukan dengan waktu yang tepat. Lokasi check point terletak di beberapa sudut-sudut istimewa atau bersejarah Jakarta sehingga peserta juga wajib punya pengetahuan umum yang mumpuni soal Jakarta. Agar adil dan aspek kompetisinya merata, peserta akan dibagi tiga katagori, yakni seeded, nonseeded, dan pemula. Jadi, siapa saja boleh ikut asalkan memenuhi kriteria pengemudi sebagaimana disyaratkan undang-undang lalulintas.

 

“Punya SIM, itu mutlak. Patuh pada peraturan lalulintas dan punya tata krama dalam berkendara, itu pun wajib. Perilaku berkendara ini menjadi poin tersendiri di tengah beragam games yang menyenangkan sepanjang rute. Ini sejalan dengan program baru IIMS lainnya, yakni Road Safety for Children. Kampanye lalu lintas ini perlu terus menerus digaungkan, dari level anak-anak sampai dewasa, tentunya dengan format acara yang disesuaikan umur,” tambah Hendra.

Thousands Car March dihelat pada car free day di hari Minggu, 10 April 2016 dengan rencana start dari Senayan menuju JIExpo Kemayoran. Bagi yang ingin berpartisipasi bisa mendaftar paling telat pada tanggal 6 April 2016 dan dibatasi hanya sampai 80 peserta.

 

Yang juga baru tahun ini adalah realisasi komitmen Dyandra menggandeng lebih banyak lagi komunitas motor. Sejak tahun lalu, IIMS memang mulai merambah industri dan komunitas motor untuk kali pertama dalam sejarah pameran IIMS. Tahun ini seabrek acara untuk bikermania tersedia. Menu utamanya adalah pertarungan bisnis motor-motor Jepang versus motor Amerika dan Italia yang jadi peserta pameran dengan paparan berbagai model atau varian terbaru, dari segmen metik sampai superbike, yang elektrik sampai yang futuristik.

 

“Atmosfer motor berlipat dua kali dibandingkan 2015, mulai dari aktivitas komunitas, racing, modifikasi, maupun EDU-Class dengan tujuan meningkatkan kepedulian biker pada keselamatan di jalan raya,” tegas Hendra yang mantan pemred di sejumlah media otomotif nasional.

 

Ada IIMS VBI Scooter GP 2016 (9 April), Mini GP (10 April), Rolling Thunder (10 April) dengan konsep baru yaitu bagi klub kendaraan roda dua yang datang bersama dengan teman-teman klubnya dan menggunakan atribut klubnya serta mengupload di sosial media IIMS 2016 dengan hashtag #IIMS 2016 maka diperbolehkan untuk masuk IIMS gratis.

 

Kontes modifikasi juga menjadi salah satu menu utama dalam IIMS 2016 yang tahun ini lebih meriah dengan tampilan memukau karya-karya anak bangsa. Malam anugerah motor terbaik 2016 akan menjadi klimaks bagi kepesertaan kelompok roda dua di IIMS 2016.

 

Tak kalah seru dan selalu menarik adalah arena Parade Test Ride yang memberi kesempatan pengunjung menguji performa motor-motor baru yang memasuki pasar. Masing-masing APM menyediakan motor-motor yang siap diuji sementara penyelenggara menyiapkan lintasan yang aman, nyaman, dan memadai.

 

Sementara bagi peminat otomotif sekaligus penggemar film-film Hollywood, maka akan dipuaskan kembali dengan menghadirkan line-up Movie Cars yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Tradisi IIMS Drift War juga berlanjut masuk edisi kali ke-4 dan menjadi satu-satunya ajang drift bergengsi yang ditunggu-tunggu drifter maupun komunitas drifting Indonesia dan dihelat pada 15-16 April. Tiga juri internasional dilibatkan agar kompetisi Drift War lebih bergemuruh dibanding sebelumnya. “VBI dan Drift War dikemas dengan nuansa sportainment. Pengunjung dimanja dengan dua big screen sehingga bisa lebih menikmati atmosfer balapan dari berbagai angle. Layaklah jadi tontonan keluarga,” imbuh Hendra.

 

Acara tahun lalu yang terbukti membetot perhatian pengunjung juga dipertahankan, antara lain Indonesian Builder yang mendisplay karya modifikasi terbaik anak bangsa dan kali ini tampil dalam konsep  new school versus old school.  Sajian inovatif para builder mobil dan motor ini  bakal diramaikan talkshow, music, dan live builder. Ada pula Military Zone yang menyajikan parade kendaraan tempur milik TNI yang tahun lalu menjadi ajang foto favorit, Rock Crawling persembahan IOF (Indonesia Offroad Federation), dan tak lupa kegemerlapan pemilihan Miss IIMS 2016. Juga dikembangkan isi dari Paviliun Indonesia dengan teknologi terbaru karya bangsa sendiri, berdampingan dengan Classic Car Pavilion dan Supercar Pavilion yang bikin hati berdecak kagum.

 

Dan, ada pula IIMS Special Guest Tour pada 9 April 2016. Ini adalah acara khusus untuk saudara-saudara kita penyandang difabel. Di bawah bendera Difabel Motorcycle Community, mereka akan datang dengan motor-motor yang telah dimodifikasi khusus untuk difabel.

 

“Ini salah satu bentuk kegiatan sosial yang saban tahun menyertai penyelenggaraan IIMS. Tapi, dari aspek teknologi dan modifikasinya, apa yang mereka lakukan layak dicermati. Kita berharap dari sini nantinya tumbuh industri yang memproduksi motor khusus difabel secara masif sehingga semakin banyak saudara-saudara kita yang difabel bisa menjalankan aktivitasnya lebih baik lagi,” harap Hendra.