Child Seat, Biar Si Kecil Aman dan Nyaman

Baby seat atau child seat berfungsi layaknya kursi nyaman bagi sang buah hati. Sayangnya, kerap kali ini masih dipandang sebelah mata, terutama karena faktor harganya yang terbilang cukup mahal.

News Update

Child Seat, Biar Si Kecil Aman dan Nyaman
Child Seat, Biar Si Kecil Aman dan Nyaman

Baby seat atau child seat berfungsi layaknya kursi nyaman bagi sang buah hati. Sayangnya, kerap kali ini masih dipandang sebelah mata, terutama karena faktor harganya yang terbilang cukup mahal. Padahal, orang tua sebaiknya kesampingkan soal harga, karena poin terpenting justru bagaimana menjaga keselamatan si buah hati ketika berada dalam mobil.

Ragam Child-Seat
Child seat dapat ditemukan di tempat aksesori belanja otomotif atau bahkan tempat belanja khusus untuk anak. Sementara itu ragamnya antara lain:
1. Baby Seat. Bentuknya hampir sama seperti keranjang dan mudah dibawa kemana-mana. Biasanya diperuntukkan untuk bayi yang baru lahir lahir hingga berat 13 kg.
2. Convertible Child-Seat. Bentuknya sama seperti jok untuk kebutuhan balap, dilengkapi dengan penyangga di kiri-kanannya, dan biasanya juga dilengkapi safety belt sehingga lebih nyaman dan aman bagi balita. Child seat jenis ini umumnya untuk anak umur di atas 9 bulan dengan berat maksimal 35 kg.
3. Booster. Child-seat ini bentuknya berupa penyangga seperti bantal, yang diperuntukkan untuk anak yang belum cukup tinggi bila menggunakan sabuk keselamatan. Tanpa booster, sabuk keselamatan akan berada di atas dada anak atau mungkin di leher sehingga dapat membahayakan mereka.

Sistem Pemasangan
1. Isofix
Isofix merupakan standar kendaraan yang telah dilengkapi dengan sistem pengunci child-seat.
Sehingga child-seat langsung diikat pada pengait yang tersedia dan tidak perlu menggunakan sabuk pengaman untuk menguncinya.
2. Non-Isofix
Untuk mobil yang belum mengadopsi sistem isofix, maka pemasangannya harus dibantu dengan
sabuk pengaman standar mobil. Sabuk pengaman tersebut berfungsi untuk mengikat child-seat,
sekaligus melindungi anak. Namun pemasangan child-seat ini sedikit lebih rumit dibandingkan
dengan sistem isofix.

Cara Pemasangan
Gampang-gampang susah pemasangan child seat bagi yang belum mengetahuinya. Ada baiknya pada saat membeli, baca buku petunjuk atau bisa pula Anda tanyakan kepada instalatur. Jangan sampai salah membeli produk, sesuaikan dengan kebutuhan dan umur sang anak.
1. Untuk bayi yang baru lahir hingga usia 13 bulan dan berat badan dibawah 13 kg, maka pemasangan child seat harus menghadap belakang.
2. Untuk mobil yang telah dilengkapi dengan airbag pada dasbor depan, maka pemasangan child seat harus diletakkan pada kursi penumpang belakang.
3. Bagi anak di atas umur setahun, maka pemasangan child seat bisa mengarah ke depan. Namun sebaiknya tetap perhatikan bobot dan besar tubuh anak, jika berat masih dibawah 13 kg, maka sebaiknya child-seat tetap menghadap ke belakang. Sedangkan untuk anak yang sudah tidak cukup duduk pada child-seat, namun masih belum cukup besar untuk memakai seat-belt standar mobil, bisa memanfaatkan penyangga (booster).