Biar Mobil Kinclong, Ini Caranya

Cat pada mobil merupakan aset yang berharga. Silakan bayangkan, jika kilau cat sampai kusam atau penuh baret? Tentu tak sedap dipandang, tetapi dapat menurunkan ‘value’ dari mobil tersebut.

News Update

Biar Mobil Kinclong, Ini Caranya
Biar Mobil Kinclong, Ini Caranya

Ketika seseorang memandang sebuah mobil, tentu sektor eksterior menjadi pandangan pertama yang dilihat. Itulah sebabnya, eksterior mobil harus senantiasa dirawat agar mobil selalu terlihat kinclong setiap saat. Perawatan bagian eksterior meliputi banyak bagian, seperti cat dan bodi, kaca, ban dan pelek, serta aksesori yang menempel pada bodi mobil.

Cat pada mobil merupakan aset yang berharga. Silakan bayangkan, jika kilau cat sampai kusam atau penuh baret? Tentu tak sedap dipandang, tetapi dapat menurunkan ‘value’ dari mobil tersebut. Tak sulit untuk merawatnya. Paling simpel, rutin mencuci mobil. Jika ingin lebih maksimal, lakukan perawatan seperti poles bodi agar kilau cat mobil selalu berkilau sekaligus menghilangkan baret-baret halus pada bodi mobil.

Mencuci mobil bisa dilakukan dengan menggunakan air bertekanan tinggi untuk mengusir kotoran melekat kuat pada bodi, kaki-kaki dan kolong bodi. Gunakan shampoo atau produk pembersih bodi untuk merontokkan kotoran yang dibantu spons halus. Yang terpenting, cuci mobil di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Untuk memoles bodi mobil, pilih wax atau obat poles yang tidak mengandung silikon. Karena sifat silikon bisa membuat debu menempel pada bodi. Proses pemolesan dapat dilakukan dengan tangan atau polisher. Jangan lupa membersihkan tempat-tempat kecil dan sempit. Misalnya di sela-sela kaca, pelek, gril serta lis bodi. Jika tidak mau repot, Anda bisa lakukan proses poles bodi pada workshop spesialis eksterior yang memiliki reputasi baik.

Untuk kaca, jangan sembarang pakai obat kaca, lantaran bisa menimbulkan korosi dan merusak kaca. Air tanah menjadi musuh utama komponen mobil ini. Sebabnya, selain mengandung asam yang tinggi dan berpotensi menimbulkan jamur jika tidak segera dibersihkan.

Langkahnya, setelah dibersihkan, tutup bagian pinggir kaca dengan kertas atau double tape. Agar pinggiran kaca seperti karet atau lis kaca tidak terkena cairan pembersih kaca. Gunakan compound halus dan oleskan permukaan kaca. Gunakan produk Glass Cleaner untuk membuat permukaan kaca semakin terlihat bening dan bersih.