Berikut Cara Aman Bermain Offroad Saat Turunan

Bermain off-road bukanlah hal mudah, tapi bukan berarti harus profesional jika ingin menggelutinya. Memiliki mobil berpenggerak 4 roda (4WD) tidak lantas bisa dengan mudah menerjal medan offroad, tentu jauh berbeda saat berkendara di on-road.

News Update

Berikut Cara Aman Bermain Offroad Saat Turunan
Berikut Cara Aman Bermain Offroad Saat Turunan

Mengutip dari Dapurpacu, ada beberapa teknik yang harus dipahami ketika melahap jalur-jalur bebatuan, tanjakan, turunan, dan lumpur. Perlu diingat, ketika IIMS lovers belajar teknik menanjak, melewati lumpur atau bebatuan terjal, jangan lupa juga memahami teknik saat menurun.

Mungkin sebagian mengganggap, saat turunan tidak perlu teknik khusus karena berbeda kesulitannya saat menanjak. Tapi, bagi instruktur senior Indonesia SmartDrive, Momon S Made Roni, bahwa saat turunan IIMS lovers juga harus paham bagaimana mengendalikannya.

Dalam acara inisiasi Mitsubishi Indonesia bertajuk “Triton Family Gathering” di Villa Desa Pelangi, Sentul, Bogor, Momon berkesempatan membagi cara aman saat turunan dengan mobil praktik Mitsubishi Triton terbaru.

Menurutnya, ada beberapa tindakan saat mengendalikan mobil ketika turunan curam. Seperti, mengamati terlebih dahulu tingkat kemiringan, kemudian perhatikan pijakan lintasan yang aman. “Cari tanah yang lebih keras, atau minimal dengan risiko paling minim.”

Selanjutnya, terang Momon, pastikan posisi roda lurus, dan untuk Triton posisikan tuas pemindah penggerak ke 4L (low), dan pakai gigi 1.

“Setelah itu, lepaskan kopling dan rem, jadi cukup pakai engine braking saja. Jika mobil tetap meluncur, maka cara menghadapinya cukup injak rem tapi dengan cara dikocok (berulang-ulang), jangan ditahan,” tambahnya.

Lalu, jika kondisi licin dan bagian belakang kendaraan bergeser ke samping, kita jangan langsung panik sambung Momon. “Tambah gas seperlunya sampai mobil dirasa lurus kembali.”