Berikut Cara Aman Bermain Offroad Masuk Jalan Miring

Setelah membahas ‘cara aman bermain of-road saat turunan’ untuk IIMS lovers, kini kami kembali ingin berbagi salah satu teknik bermain offroad lainnya, yakni teknik menghadapi jalan miring, sesuai arahan dari instruktur senior Indonesia SmartDrive, Momon S Made Roni.

News Update

Berikut Cara Aman Bermain Offroad Masuk Jalan Miring
Berikut Cara Aman Bermain Offroad Masuk Jalan Miring

Hal pertama yang diingatkan Momon sebelum masuk jalan miring, adalah perhatikan tingkat kemiringan lintasan. “Maksimal tingkat kemiringannya 40 derajat.”

Selanjutnya, perhatikan pijakan lintasan yang aman dan cari tanah yang lebih keras. “Pilih jalan yang tidak terlalu banyak cerukan atau alur air. Jika sudah siap, pastikan posisi roda lurus jangan berbelok,” ungkapnya, saat acara Family Gathering Triton, di Bogor.

“Posisi ban harus benar, jika kondisi jalan miring ke kiri, maka ban cenderung ke arah kiri, begitu pula sebaliknya.”

Kemudian tambah Momon, gunakan penggerak roda di posisi 4L (Low) dan masuk ke gigi 1. Saat melintas, perhatikan bahwa tidak akan terjadi kondisi close lenght pada kedua sisi roda (agar kendaraan tidak terbalik).

Saat melintas, lakukan perlahan atur RPM/gas atau saat menambah gas dengan halus dan seperlunya-tidak dengan tiba-tiba, ingatnya. Hal itu bisa membuat roda spin dan kemungkinan mobil terbalik.

Terakhir, selalu arahkan roda tetap di lintasan jangan mengarahkan roda ke sisi lintasan yang lebih tinggi.


Sumber : Dapurpacu