Awas, Modifikasi Lampu Mobil Berlebihan Bisa Didenda

Memodifikasi sejumlah komponen mobil agar tampil keren dan berbeda dari yang lain sering dilakukan pemilik kendaraan.

News Update

Awas, Modifikasi Lampu Mobil Berlebihan Bisa Didenda
Awas, Modifikasi Lampu Mobil Berlebihan Bisa Didenda

Hanya saja tanpa disadari perubahan yang dilakukan bisa membahayakan pengendara lain. Misalnya modifikasi lampu mobil, penggantian warna lampu yang berbeda dan mengeluarkan cahaya menyilaukan, berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas.

Mencegah hal tersebut pemerintah telah membuat peraturan agar pemilik kendaraan yang ingin melakukan modifikasi tidak membahayakan pengguna jalan lain. Seperti tertuang dalam Undang Undang Negara Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 279, menyebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

Pabrikan otomotif sebenarnya telah mengatur peruntukan lampu sesuai fungsinya, seperti lampu depan kendaraan terbuat dari mika berwarna bening sehingga memiliki pancaran cahaya yang memecah dan memudar sebagai fungsi penglihatan jalan ke depan.

Sedangkan lampu belakang didesain menggunakan kaca mika berwarna merah, dan pancarannya redup sebagai fungsi pertanda kondisi kendaraan melakukan pengereman.

Jadi, buat IIMS lovers yang suka memodifikasi kendaraan pribadi, sebaiknya lebih bijaksana agar tidak mengganggu kenyamanan pengendara lain. 


Sumber : Dapurpacu