All-new Jeep Compass Debut Dunia, Dijual di Indonesia Tahun Depan

SUV kompak dengan sistem off-road paling canggih di kelasnya, All-new Jeep Compass, resmi melakukan debut dunia hari ini, Kamis (18/10), di Los Angeles Auto Show 2016 (LAAS), AS. SUV kelas premium ini hadir dalam dua varian penggerak roda, 4×2 dan 4×4.

News Update

All-new Jeep Compass Debut Dunia, Dijual di Indonesia Tahun Depan
All-new Jeep Compass Debut Dunia, Dijual di Indonesia Tahun Depan

Jeep Compass yang diproduksi untuk pasar global diproduksi di empat negara, yaitu Brasil, China, Meksiko, dan India. Indonesia yang juga akan menjadi pasar bagi Jeep Compass akan mengambil unit dari basis produksi di India.

“Jeep Compass penting bagi kami untuk memenuhi tuntutan konsumen di segmen yang sedang berkembang di dunia ini,” kata kepala merek Jeep (FCA Group) Mike Manley. “Dibuat di seluruh dunia untuk konsumen di mana pun, Jeep Compass akan bersinar di segmen SUV-kompak.”

Pada LAAS yang sedang berlangsung ini dua model Jeep Compass, yaitu Trailhawk dan Limited (keduanya berpenggerak 4×4) dipertontonkan ke hadapan media.


Kedua model tersebut hanyalah contoh dari serentetan model yang rencananya akan tersedia di pasar global. Jeep sendiri telah menyiapkan unit-unit mesin 1.4L, 2.0L diesel, dan 2.4L bensin sebagai andalan. Sementara varian akan diisi model Sport 4×2, Sport 4×4, Latitude 4×2, Latitude 4×4, Trailhawk 4×4, dan Limited 4×4.

Mesin andalan 2.4-liter Tigershark MultiAir2 4-silinder SOHC yang diusung pada model andalan mampu menghasilkan tenaga 180 hp/6.400rpm dan torsi 237 Nm/3.900rpm. Sedangkan transmisi dibuat dalam pilihan 9-speed otomatis dan 6-speed manual.

Secara dimensional, Jeep Compass terlihat begitu padat. Ukurannya hampir sebanding dengan Mazda CX5. Dalam sepesifikasi teknis tertulis, Jeep Compass memiliki sumbu roda 2.636mm dengan panjang keseluruhan 4.394mm, tinggi 1.647mm, dan lebar 1.874mm.

Menurut Dapurpacu, rencananya Jeep Compass akan diniagakan ke Indonesia melalui Garansindo pada akhir semester kedua 2017.