8 Poin Utama Selamat Sampai Tujuan

Meski berkendara motor sudah bukan merupakan hal baru bagi kita, akan tetapi bahaya tidak pernah lengah mengintai.

News Update

8 Poin Utama Selamat Sampai Tujuan
8 Poin Utama Selamat Sampai Tujuan

Meski berkendara motor sudah bukan merupakan hal baru bagi kita, akan tetapi bahaya tidak pernah lengah mengintai. Sehingga ketika di atas jalanan, kita wajib fokus terhadap kondisi dan lalu lintas sekitar. Tujuannya agar kita bisa cepat mengantisipasi dan bisa berkendara dengan selamat sampai tujuan.

Safety menjadi prioritas pertama ketika kita berkendara dengan motor. Karena itu pastikan peralatan keamanan dan keselamatan Anda lengkap. Selain itu Anda juga harus ingat 8 peraturan utama dalam berkendara di jalan. Yaitu:

  1. Walau sudah sangat terbiasa dan tergolong jalanan ramah, pengendara harus tetap merencanakan perjalanan seksama. Ini menghindari suasana terburu-buru hingga mengacaukan handling. Rencana itu termasuk perkiraan waktu sampai kesiapan pengendara dan motor.
  2. Tetap memperhatikan speed limits alias batas kecepatan.
  3. Rider harus mengutamakan safety saat berpindah jalur. Senantiasa cek spion dan memberi tanda saat bermanuver. Tetaplah konsentrasi untuk memprediksikan berbagai kemungkinan yang terjadi hingga selalu berhati-hati.
  4. Selalu berhenti di persimpangan yang mengandung risiko.
  5. Hindari tailgating alias mengekor terlalu dekat kendaraan di depan.
  6. Always overtake safely, never overtake when in doubt. Awas, kecelakaan fatal sering terjadi jika abaikan aturan ini. Intinya, kalau ragu jangan nyalip. Feeling dan berhitung pada risiko adalah kuncinya.
  7. Tidak menerobos antrean saat macet.
  8. Tidak melanggar aturan lalu lintas dan ini wajib hukumnya.