8 Alasan Airbag Tidak mengembang

Pahami kondisi dan situasi airbag mengembang

News Update

8 Alasan Airbag Tidak mengembang
8 Alasan Airbag Tidak mengembang

Airbag atau balon udara adalah salah satu perangkat keselamatan yang memiliki tujuan untuk meminimalisir cidera ketika terjadi kecelakaan. Perangkat keselamatan ini akan melindungi beberapa bagian tubuh seperti bagian kepala dan dada.

Airbag saat ini bisa ditemui pada mobil dengan harga ekonomis maupun mobil dengan harga selangit. Untuk mobil dengan harga ekonomis, airbag biasanya ditempatkan pada kemudi atau ada pula pabrikan yang menempatkannya pada kemudi dan dasbor. Tapi untuk untuk mobil premium, airbag ada di beberapa bagian seperti pilar A, kemudi, dasbor, pilar B atau bahkan ada yang menempatkannya di balik jok kemudi dan penumpang depan.

Dibeberapa kasus kecelakaan, ada airbag yang tidak mengembang. Prinsipnya, airbag baru akan berfungsi ketika sensor mendeteksi adanya tumbukan di bagian yang terdapat sensor airbag. Harus pula diketahui, airbag mengembang hanya sekali ketika terjadi kecelakaan. Terdapat 8 situasi dan kondisi mengapa airbag tidak mengembang, yaitu:

1.   Benturan dari Samping. Untuk mobil yang tidak memiliki airbag di pilar B, maka airbag tidak akan mengembang. Misalkan bagian mobil yang ditabrak samping pintu atau tengah.

2.   Tabrak dari Belakang. Hal ini biasanya terjadi dikondisi jalan told an ditabrak dari arah belakang.

3.   Mobil Terguling. Ketika kecelakaan dan mobil terguling-guling, benturan yang umum terjadi adalah antara sisi samping mobil atau bagian atas-bawah mobil.

4.    Tabrak Sesuatu. Contohnya adalah menabrak tiang. Jika titik tumbuk tidak dekat dengan sensor maka airbag tidak akan mengembang.

5.   Tabrak Objek Tinggi. Contoh kasusnya adalah mobil sedan yang menabrak bagian belakang truk sehingga kap mesin masuk ke kolong truk.

6.   Tabrakan Beruntun. Jika tabrakan frontal, airbag masih mungkin mengembang. Sementara jika hanya mengenai bagian samping bumper depan, airbag ada kemungkinan tidak mengembang.

7.   Objek Bergerak. Menabrak mobil bagian depan yang sedang bergerak, memungkinkan airbag tidak mengembang.

8.   Kecepatan Dibawah Ketentuan. Airbag dirancang untuk mengembang ketika mobil berada di atas kecepatan 25 km/jam.