6 Cara Test Drive

Sarana melakukan pengetesan bisa dilakukan di mana saja. Tidak harus datang ke diler, arena pameran mobil atau pameran motor biasanya selalu memiliki fasilitas pengetesan.

News Update

6 Cara Test Drive
6 Cara Test Drive

Prosesi test drive menjadi cara ampuh untuk memahami lebih detail terhadap mobil incaran. Anda bisa mengeksplorasi secara singkat performa mobil mulai dari akselerasi, fitur, hingga kepraktisan kendaraan. Inilah waktu yang Anda harus maksimalkan untuk memantapkan hati sebelum membelinya.

Sarana melakukan pengetesan bisa dilakukan di mana saja. Tidak harus datang ke diler, arena pameran mobil atau pameran motor biasanya selalu memiliki fasilitas pengetesan. Oleh karena itu, arena ini bisa dimanfaatkan. Berikut adalah tips singkat mengetes mobil.

  1. Pastikan Mobil Incaran. Menentukan mobil incaran penting agar Anda lebih fokus terhadap mobil yang dites. Pastikan juga kalau mobil yang dites sesuai kebutuhan dan karakter Anda.
  2. Ajak Keluarga Atau Teman. Mengajak keluarga atau teman menjadi penting untuk mendapatkan masukan dari mereka terhadap berbagai hal seperti fitur maupun kenyamanan mereka sebagai penumpang. Anggota keluarga atau teman dapat juga membantu untuk memperhatikan kinerja mobil. 
  3. Posisi Mengemudi. Sebelum mesin aktif, coba mencari posisi mengemudi yang ideal untuk Anda. Pastikan juga visibilitas atau jarak pandang pengemudi ke arah depan, samping kiri-kanan, dan bagian belakang mobil. Jangan lupa perhatikan pilar A, apakah terlalu landai sehingga mengganggu visibilitas.
    Pada posisi ini, Anda juga bisa sekaligus melihat fitur apa saja yang menjadi standar mobil. Perhatikan pula apakah cukup mudah untuk menjangkau head unit, cup holder, atau bagian lainnya.
  4. Kesenyapan Kabin. Saat mesin aktif, dengarlah suara mesin. Apakah suara mesin masuk ke dalam kabin atau tidak. Dengar juga suara di sekeliling Anda, apakah masuk ke ruang kabin. Hal ini untuk menentukan kemampuan peredaman yang berpengaruh kepada kenyamanan saat berkendara.
  5. Performa. Performa tidak identik dengan kecepatan. Tergantung dari jenis mobil yang sedang dites karena karakter city car pasti berbeda dengan MPV atau SUV. Performa lebih mengedepankan kelincahan maupun rasa dari suspensi saat berkendara. Jika ingin mencoba akselerasi boleh dilakukan, asalkan lokasi pengetesan terhitung aman dan tidak membahayakan.
  6. Tes Parkir. Lakukan tes parkir dengan cara parkir mundur dan paralel. Selain untuk mengetahui berat atau ringannya kemudi, dapat juga untuk memastikan bahwa bodi mobil memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, tes ini juga dapat mengetahui kemampuan fitur seperti sensor parkir, kamera parkir, atau keakuratan garis pemandu.  

    Selamat mencoba...