5 Tips Cara Merawat Mesin Mobil

Mempunyai mobil yang sehat dan dalam kondisi prima merupakan keinginan bagi setiap pengendaranya

News Update

5 Tips Cara Merawat Mesin Mobil
5 Tips Cara Merawat Mesin Mobil

5 Tips Cara Merawat Mesin Mobil

 

Mempunyai mobil yang sehat dan dalam kondisi prima merupakan keinginan bagi setiap pengendaranya. Banyak kasus kecelakaan yang tidak jarang disebabkan oleh kerusakan mesin seperti rem blong, kopling mobil, mesin mobil dan sebagainya. Kejadian seperti itu bisa di cegah dengan cara rajin merawat mesin dan juga perangkatnya. Tidak hanya mobil bekas yang perlu di lakukan perawatan, tapi mobil yang baru sekalipun butuh perawatan secara berkala dengan baik dan benar. Nah, untuk IIMS lovers yang ingin tau tips apa aja sih yang tepat dan benar untuk merawat mobil kalian di artikel ini kita akan kasih tau tips-tipsnya.

Cekidot nih tips-tipsnya!

1.       Ganti oli secara berkala

Tips pertama ini adalah yang paling penting, karena kinerja mesin suatu mobil akan sangat bergantung pada perawatan yang satu ini. Usahakan ganti oli kendaraan anda secara rutin saat kendaraan anda menempuh jarak 3000 km sampai 5000 km. Kualitas oli juga sangat menentukan kinerja mesin, dan dapat menghindari terjadinya panas berlebih pada suatu mesin mobil anda. Oli bukan hanya sebagai pelindung mesin. Tetapi sebagai bagian yang tak terpisahkan. Karena itu pula, pabrik mobil, selalu wanti-wanti, memperhatikan pengantian oli yang digunakan pada mesin. Bahkan menentukan standar oli yang mesti digunakan.

2.       Rutin periksa minyak pelumas

Untuk melancarkan komponen-komponen dalam mobil agar bekerja dengan maksimal sebaiknya kalian rutin periksa beberapa cairan dan minyak pelumas secara berkala, seperti: cairan transmisi, rem, power stering, antibeku dan mesin cuci pelarut.

 

3.       Cek Radiator

Radiator pada mobil berfungsi untuk meradiasikan panas air pendingin ke udara sekitar. Jika air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Air yang kosong pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Karena pentingnya radiator terhadap kondisi mesin, maka ada baiknya memeriksa air pada radiator mobil anda secara berkala.

 

4.       Buang Kerak Pada Mesin

Didalam bagian mesin, terutama untuk mobil yang sudah lama dipakai seringkali terdapat kotoran atau kerak. Karena itu buanglah kerak tersebut agar tidak terlalu lama menempel dan merusak mesin mobil anda. Cara membersihkan nya cukup mudah, anda cukup menginjak dalam gas mobil anda dan menahan nya beberapa lama agar kerak atau kotoran tersebut keluar dari knalpot. Jika anda mau melakukan nya dijalanan pastikan kondisi jalanan tersebut dalam keadaan sepi sehinggan tidak membahayakan pengendara atau pengguna jalan.

 

5.       Cegah Agar Tangki Bensin Tidak Berkarat

Biasanya tangki dalam bagian mobil berkarat disebabkan oleh banyaknya ruang penguapan bahan bakar pada tangki. Embun yang dihasilkan dari penguapan bahan bakar itulah yang menyebabkan tangki mobil cepat berkarat. Semakin banyak ruang kosong didalam tangki akan menyebabkan adanya ruang untuk uap bahan bakar sehingga tangki cepar berkarat. Untuk mencegahnya cukup mudah, jangan biarkan tangki mobil dalam keadaan kosong. Tangki dalam penuh akan mengurangi proses perkaratan, jadi usahakan tetap isi tangki mobil anda dalam keadaan penuh.