4 Cara Rawat Ban Serep

Jaga kondisi ban serep agar siap digunakan

News Update

4 Cara Rawat Ban Serep
4 Cara Rawat Ban Serep

Dari sekian banyak perangkat yang ada di mobil, ban cadangan atau dikenal juga dengan ban serep merupakan perangkat yang sering dilupakan. Padahal fungsinya cukup vital ketika ban utama kempis atau bocor. Oleh sebab itu jangan perlakukan ban serep seperti ‘anak tiri’.

Secara umum, terdapat dua jenis ban serep yang terdapat di mobil. Pertama adalah ban dengan ukuran yang sama dengan keempat ban utama. Kedua adalah ban serep dengan dimensi lebih kecil. Perlakuan keduanya jenis berbeda. Kalau ban serep dengan dimensi sama, dapat juga difungsikan untuk keperluan rotasi ban. Sementara ban dengan diameter lebih kecil memiliki batas kecepatan ketika digunakan yaitu 80 km/jam dan jarak tempuh maksimal 80 km.

Tapi, cara melakukan perawatan keduanya sama. Bagaimana cara merawatnya?

1. Rutin Periksa Tekanan Ban
Lakukan pemeriksaan ban cadangan minimum setiap 3 bulan dengan tujuan agar ban siap digunakan kapan saja. Perhatikan pula tekanan anginnya. Pastikan bahwa ban serep memiliki tekanan angin antara 35-40 psi (tergantung rekomendasi pabrikan).

2. Perhatikan Kondisi Ban
Kondisi ban juga harus diperhatikan. Jarang digunakan bukan berarti ban selalu dalam kondisi siap pakai. Bila ditemukan adanya retak-retak disekitar ban menandakan bahwa ban tersebut sudah tidak layak dipakai. Asosiasi Produsen Ban Indonesia mensyaratkan bahwa usia maksimal ban cadangan adalah 4 tahun.

3. Bersihkan
Khusus ban serep yang berada di kolong mobil, posisi ban ini sangat mudah kotor akibat terkena cipratan dari ban. Oleh karena itu harus rajin dibersihkan agar kotoran seperti pasir tidak masuk ke dalam ban yang bisa mengganggu performa ban. Direkomendasikan agar ban serep diberikan lapisan pelindung.

4. Beri Pelembab
Setelah ban bersih, akan lebih maksimal kalau ban serep diberikan semir ban. Fungsi lain dari semir ban selain menghitamkan warna karet ban, bisa juga menjadi pelembab karena kandungan di dalam semir ban akan menjaga karet ban tetap elastis. Ban serep yang terjaga kelembabannya memiliki usia pakai lebih lama.