3 Cara Pilih Kaca Film

Dalam memilih kaca film, tentu kita akan dihadapkan dengan banyak merek kaca film di pasaran.

News Update

3 Cara Pilih Kaca Film
3 Cara Pilih Kaca Film

Wajar saja kalau kita jadi bingung mau pilih yang mana. Tapi sebenarnya ada kiat mudah agar kita bisa memilih kaca film yang tepat dan tidak mengganggu kenyamanan berkendara. Coba nanti kamu terapkan trik-trik di bawah ini ketika hendak membeli kaca film.

1. Jangan Pilih Kaca Film Gelap
Memilih kaca film gelap bisa berbahaya, terutama jika dipasang di kaca depan. Karena otomatis akan mengurangi area penglihatan terutama pada malam hari. Sebaiknya untuk kaca depan, pilih dengan tingkat kegelapan maksimal 40%, dan yang banyak direkomendasikan adalah 20%. Sedangkan untuk kaca samping dan belakang, bisa pilih sesuai keinginan. Umumnya, hanya ada dua jenis finishing kaca film, antara gelap (hitam) dan memantul (silver).

2. Merek Terkenal Lebih Terjamin
Meski banyak merek-merek baru yang menjamin kualitasnya lebih baik daripada merek terkenal, tetap saja kaca film merek terkenal lebih terjamin. Tidak hanya dari kemampuan menahan panas yang lebih baik, tapi kaca film merek terkenal juga  mempunyai pelayanan yang lebih baik. Misalkan jaringan diler yang sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Ini akan memudahkan pelanggan dalam hal pembelian, pemasangan, dan pelayanan after sales service dari produk kaca film tersebut.

3. Pilih Yang Menolak Panas
Ada dua jenis teknik kaca film dalam mengurangi hawa panas, yaitu meresap dan menolak panas. Kaca film yang punya daya serap panas bikin kabin mobil jadi tidak sejuk. Karena hawa panasnya sedikit banyak tersimpan di kabin. Selain itu kaca mobil juga jadi panas, karena jadi menyimpan energi panas.
Sedangkan kaca film yang menolak panas, biasanya kadar serap panasnya cukup rendah. Yaitu sekitar 20% - 30%, dengan daya tolak sinar ultraviolet  (UV) umumnya mencapai 98%. Sebaiknya, pilih kaca film dengan spek berdaya tolak panas tinggi. Selain ampuh menolak panas, juga menghindari kulit tersengat sinar UV secara langsung.