Rekor Baru Pengunjung IIMS Sumbang Transaksi Penjualan Hingga Rp 3,2 Triliun

Gelaran IIMS 2017 telah usai digelar sepanjang 11 hari sejak tanggal 27 April hingga 7 Mei 2017 dengan kesuksesan mencetak rekor pengunjung yang mencapai 503.447 orang. Jumlah pengunjung tersebut sekaligus berkontribusi menghasilkan transaksi penjualan kendaraan bermotor hingga Rp 3,2 Triliun.

News Release

Rekor Baru Pengunjung IIMS Sumbang Transaksi Penjualan  Hingga Rp 3,2 Triliun
Rekor Baru Pengunjung IIMS Sumbang Transaksi Penjualan Hingga Rp 3,2 Triliun

Jakarta,  9 Mei 2017 – Tak dapat dipungkiri jika konsep The Essence of Motor Show yang menjadi tema utama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 memberikan dampak positif terhadap industri otomotif nasional.  Jumlah pengunjung IIMS 2017 pada hari terakhir, Minggu (7/5) yang mencapai 53.842 orang, sukses memecahkan rekor pengunjung IIMS dengan total pengunjung sebanyak 503.447 orang. Jauh di atas target 450.000 pengunjung sekaligus memecahkan rekor pengunjung 454.178 orang yang diraih pada IIMS 2016.

 

Dari data jumlah pengunjung harian IIMS 2017, rekor pengunjung tertinggi diraih pada hari ke-4, Minggu (30/4) sebesar 63.975 orang dan pada Senin (1/5) sebanyak 60.815 orang. “Alhamdulillah, kami bersyukur atas terlampauinya target jumlah pengunjung IIMS 2017 ini. Kami percaya jika konsep The Essence of Motor Show dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, sehingga pameran kali ini dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat,” tambah Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo.

 

Besarnya jumlah pengunjung ini tentu saja turut memberikan kontribusi terhadap pencapaian penjualan kendaraan di IIMS 2017. Tercatat sebanyak 11.604 unit mobil dan sepeda motor laku terjual kali ini, dengan total transaksi sebesar Rp 3.233.133.858.015,- Angka ini juga melewati target transaksi yang ditetapkan oleh PT Dyandra Promosindo pada IIMS 2017 ini yang ditetapkan Rp 3,1 Triliun, sekaligus melewati angka transaksi IIMS 2016 yang mencapai Rp 3.064.835.860.000,-.

 

“Masih ada beberapa merek, karena prosedur yang mereka miliki, belum menyerahkan jumlah transaksi yang mereka dapatkan selama IIMS 2017 kemarin. Meski begitu, kami sangat bersyukur jika gelaran ini dapat berkontribusi positif terhadap pencapaian industri otomotif Tanah Air,” papar Hendra.

 

Tahun ini, IIMS mendapatkan tema pendukung Carnival yang menyuguhkan kegembiraan bagi setiap pengunjung IIMS 2017. Berbagai macam kegiatan yang dilangsungkan di IIMS seperti atraksi offroad penuh adrenalin dari Indonesia Offroad Federation (IOF), kompetisi super seru mobil-mobil balap IIMS Gymkhana Competition dan Pertamax Motorsport IIMS Super Drift menjadi pusat perhatian pengunjung IIMS di akhir minggu. Berbagai kontes, mulai Indonesia Automodified (IAM), PAHAMI Audio Contest hingga Airbrush Helmet Competition juga memberikan warna berbeda bagi pameran otomotif di Tanah Air.

 

“Semua kemeriahan yang ada di IIMS merupakan hasil kolaborasi semua elemen otomotif di Tanah Air yang memiliki tujuan sama mendorong kemajuan industri otomotif Nasional,” papar Hendra. Tahun depan, konsep The Essence of Motor Show akan tetap dipertahankan, karena tema ini mampu membuktikan bahwa menggabungkan semua elemen otomotif dalam pameran berskala internasional ternyata berhasil. IIMS 2018 akan kembali diselenggarakan di JIExpo Kemayoran pada 19 – 29 April 2018.

 

PAHAMI All Champions: Ukir Sejarah IIMS, Indonesia dan Asia

Kehadiran Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) memberikan warna tersendiri bagi IIMS 2017. Tak hanya memiliki area pameran khusus yaitu PAHAMI Village di Hall C3, JIExpo, PAHAMI juga sukses menyelenggarakan kontes audio paling bergengsi sepanjang sejarah penyelenggaraan IIMS, sekaligus di Indonesia dan di Asia.

 

“Gelaran kontes audio yang memperebutkan gelar PAHAMI All Champions ini melibatkan empat asosiasi car audio ternama yang eksis di Indonesia, yakni EMMA, IASCA, MECA dan CAN,” tukas Irwan Kusuma, Sekjen PAHAMI.  “Dalam sejarah penyelenggaraan kontes audio di Indonesia, baru kali ini ada gelaran yang melibatkan langsung empat asosiasi kontes audio. Bahkan di tingkat Asia, baru di Thailand yang pernah melibatkan dua asosiasi berbeda yaitu EMMA dan IASCA,” tambahnya.

 

Setelah seminggu bertanding mempersembahkan alunan sistem audio terbaik, pada Sabtu (6/5) lalu, gelar PAHAMI All Champions akhirnya dimenangkan oleh Mazda Biante milik Johnson Nagawan dari workshop BestBuddyShop.com Sunter yang tergabung dengan tim AnakSekolahanDilawan.com. Mobil ini sukses meraih poin klasemen akhir tertinggi yaitu 36 poin.  Sebagai hadiah, Johnson berhak mengantongi uang tunai Rp 13 juta dari PAHAMI dan tambahan uang cash Rp 10 juta dari Qmax serta memboyong piala bergilir dari PAHAMI.

 

Berikut daftar pemenang PAHAMI All Champions Audio Contest, IIMS 2017:

1. Johnson Nagawan/BestBuddyShop.com Sunter/ Mazda Biante/AnakSekolahanDilawan.com

2. Junus/BestBuddyShop.com Sunter/Honda CRV/AnakSekolahanDilawan.com

3. Filipus Sebastian/Some Sound/Range Rover Evoque/Venom Fighter Community

4. Johny Chandra/Mega Audio/Nissan Xtrail/Gramond-Mega Team

5. Kurniawan/Mega Audio/Hyundai H1/Mega Team


 

 

Amandio Rebut Juara Seri 1 Kejurnas Pertamax Motorsport IIMS Super Drift

Seri perdana Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pertamax Motorsport IIMS Super Drift di kelas paling bergengsi (Rookie & Pro) berlangsung antiklimaks pada putaran final. Pertarungan seru yang seharusnya terjadi antara Amandio dan Demas Agil pada akhirnya gagal terlaksana akibat kerusakan mobil milik Demas Agil. Pada pertarungan final ini Amandio secara otomatis menjadi juara pertama setelah Demas gagal maju ke garis start dan harus rela berada di posisi kedua.

 

Sebenarnya, sebelum final berlangsung, Demas mendapatkan kesempatan memperbaiki mobilnya yang mengalami kerusakan pada bagian gardan akibat pertarungan di babak semifinal. Ia memperoleh hak 7 menit waktu perbaikan, ditambah jatah waktu perbaikan 7 menit yang secara spontan diberikan Amandio. Sayangnya, dengan total waktu 14 menit, Demas tetap tidak berhasil membawa mobilnya ke garis start untuk bertarung di babak final.

 

"Mohon maaf kepada seluruh penonton yang telah bersabar menunggu saya. Tim sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi tampaknya waktunya masih kurang juga. Terima kasih juga kepada Amandio yang telah memberikan jatah waktunya kepada saya," pungkas Demas.

 

"Sangat disayangkan Demas tidak bisa maju ke garis start walaupun sudah diberikan waktu maksimal. Peraturan tetap peraturan dan saya tidak bisa berbuat apa-apa terhadap itu," komentar sang juara seri perdana, Amandio.

 

Berikut ini adalah daftar pemenang Kejurnas Seri I, Pertamax Motorsport Super Drift:

Kelas Driftstar

1.      Bowo Triweko, Anker Sport Drift Team

2.      Taref Anandito, Privateer

3.      Dendy Rizky, Privateer

4.      Beyang, Privateer

 

Kelas Rookie

1.      Demas Agil, Abbey & Rigby GT Radial Drift Team

2.      Allen Yong, GT Radial Willbern Drift Team

3.      Cliford, Privateer

4.      Ziko Harnandi, BSI Drift Team

 

Kelas Rookie & Pro (Umum)

1.      Amandio, Intersport Racing Team

2.      Demas Agil, Abbey & Rigby GT Radial Drift Team

3.      Ikhsan Utama, Anker Sport Achilles Radial

4.      Rocca, GT Radial Motul Drift Team

 

Best QTT: Akbar Rois, HGMP

Best Smoke: Armando, GT Radial Motul Drift Team

Best Tapwall: Zharfan, ZR Motorsport