Toyota Avanza Low MPV Paling Sukses di Indonesia

15/03/2019
Posted by: IIMS-news

JAKARTA – Toyota Avanza dikatakan sebagai Low MPV paling sukses di Indonesia mengungguli kompetitornya.

Sejak diluncurkan pada Desember 2003, Toyota Avanza berhasil memikat hati para konsumen di Indonesia. Low MPV tersebut menjadi pendobrak lahirnya kendaraan keluarga yang efisien. Penjualannya menembus 100 ribu unit pada tahun pertamanya.

Seiring dengan perkembangan jaman, Toyota Avanza mendapat perlawanan dari berbagai kompetitor. Namun posisi Avanza sebagai pemuncak market share di kelas Low MPV tidak pernah tergantikan.

Franciscus Soeryopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa berdasarkan data Gaikindo, posisi Toyota Avanza di kelas Low MPV merupakan yang paling sukses hingga saat ini. Bahkan produknya tersebut dikatakan pernah mengukir rekor penjualan terbanyak dalam satu bulan.

“Kami di Toyota memiliki Avanza yang merupakan kendaraan Low MPV paling sukses di Indonesia. Karena angka maksimum wholesales di Indonesia masih dipegan Avanza dengan raihan 21 ribu. Produk kompetitor paling hanya mencapai 11 ribu,” ucap Soeryo pada acara pelucuran TTI di Jakarta (14/03/2019).

Menurutnya Avanza hingga saat ini masih belum bisa dikalahkan. Toyota akan memanfaatkan momen hari raya guna meningkatkan penjualan produknya tersebut. Guna mendukung hal itu, jumlah produksi kendaraan juga akan ditingkatkan.

“Tahun lalu sudah jelas dan tahun ini harus tetap leading. Kenapa Avanza bisa leading karena memang ciri khasnya konsumen Indonesia. Pecahan dari Kijang, ground clearance paling tinggi, 7-seater, dan penggerak roda belakang. Sudah jelas itu,” tuturnya kemudian.

Pertarungan di kelas Low MPV di Indonesia saat ini memang semakin ketat. Mengawali 2019 saja, hampir semua produsen mengeluarkan versi penyegaran dari produk Low MPV mereka. Harapannya tidak lain adalah memenangkan persaingan.

Toyota sendiri akan hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 dengan produk-produk unggulannya. Mereka akan menawarkan program-program menarik untuk bisa meraih hasil positif pada pameran yang digelar pada 25 April hingga 5 Mei 2019.