Honda RC213V-S Mejeng di Istana Presiden

14/03/2019
Posted by: IIMS-news

BOGOR – Honda RC213V-S, salah satu motor ber-DNA motor balap MotoGP ini berkesempatan mejeng di Istana Kepresidenan bersama sang pemimpin negara Republik Indonesia yaitu Joko Widodo.

Tentu saja hal tersebut menjadi kesempatan langka bagi produk buatan Honda ini. Tak hanya menaikinya, Jokowi juga sempat menyalakan mesin guna mengetahui seberapa buas Honda RC213V-S ini saat tuas gas dibuka.

Ia pun terlihat antusias saat pertama kali mencoba sensasi bukaan gas motor tersebut.Tentu saja Jokowi tetap didampingi pihak PT Astra Honda Motor (AHM) dan salah satu pembalap mudanya, Mario Suryo Aji yang akan berkompetisi di Eropa.

Bicara soal produk, Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang, dirakit secara manual oleh tenaga terampil pilihan Honda, sehingga menjadikan produk ini ekslusif. Motor tersebut dibekali mesin V4, 4-tak, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan kapasitas 999 cc.

Tenaga yang dihasilkan adalah 170 hp untuk varian standar. Sementara versi sport kit bisa menembus 220 hp atau terpaut 80 hp saja dengan Honda RC213V milik pembalap Repsol Honda di MotoGP. Jadi, cukup wajar jika motor ini menjadi sebuah koleksi spesial bagi pembeli yang rela mengeluarkan uang sekitar Rp 7 miliar demi motor ini.

Keberadaan Honda RC213V-S di istana juga makin spesial karena menjadi ‘pemanis’ dalam pertemuan Dorna Sports, penyelenggara MotoGP dengan Jokowi. Pada kesempatan itu, mereka melakukan pembahasan lanjutan terkait penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang rencananya akan berlangsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Anda yang masih penasaran dengan sosok Honda RC213V-S juga tak perlu khawatir. Seperti sebelumnya, PT AHM pasti akan memboyong kuda besi ini ke arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoran, 25 April-5 Mei 2019 mendatang.