Honda PCX Electric Rakitan Anak Bangsa

18/02/2019
Posted by: IIMS-news

JAKARTA – Honda PCX electric, transportasi dengan energi terbarukan yang menjadi kebanggaan PT Astra Honda Motor (AHM) karena merupakan hasil rakitan anak bangsa.

Mengawali 2019, PT AHM merilis produk terbaru berbasis Honda PCX. Skutik ini digadang menjadi bagian dari road map mereka dalam menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik. Satu yang membanggakan adalah skutik tersebut dibuat secara CKD (completely knock down) di pabrik AHM Sunter, Jakarta Utara.

“Berbagai riset dan pengembangan fasilitas pabrik kami lakukan secara konsisten hingga akhirnya kini putra bangsa dapat memproduksi langsung motor listrik pertama Honda di Indonesia yaitu Honda PCX Electric di pabrik Astra Honda Motor,” kata Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM.

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur PT AHM melanjutkan Honda ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia.

Perlu diketahui, ini bukan kali pertama Honda mengembangkan sepedamotor listrik, mengingat hal itu sudah dilakukan 35 tahun silam. Honda PCX listrik ini pun menjadi bagian dari pengembangan lanjutan mereka untuk menciptakan produk berkualitas. Apalagi, Inuma menyebut tantangan baru mengenai kendaraan listrik sekarang ini adalah mengenai jarak tempuh dan performa.

“Untuk menangani hal jarak tempuh, Honda telah mengatasinya dengan mengembangkan mobile battery yang dapat di swap sekaligus plug-in,” ujarnya.

Dengan dua unit baterai lithium-ion (Honda Mobile Power Pack) yang masing-masing berkapasitas 50,4 V, skutik ini sanggup menempuh perjalanan sejauh 69 km. Dengan baterai itu, Honda PCX listrik menghasilkan output maksimum 5,6 hp sejak putaran rendah dengan akselerasi lembut dan torsi maksimal 18 Nm pada 500 rpm.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan lama pengisian 6 jam.

Namun, untuk saat ini PT AHM masih belum menjualnya ke masyarakat luas. Melainkan baru hanya akan menyewakannya kepada perusahaan sebagai unit mobilitas internal. Johannes Loman, Direktur Pemasaran PT AHM menyebut biaya sewanya adalah Rp 2 juta/bulan. Tapi, kontrak sewa diharapkan untuk 1-3 tahun. Selain itu, penyewa juga tak perlu khawatir karena PT AHM sudah menyediakan layanan after sales di jaringan penjualannya.

Satu lagi, Honda PCX electric ini juga pastinya akan menjadi unit display PT AHM di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Seperti pula pada keikutsertaan sebelumnya, Honda tentunya akan menghadirkan jajaran produk terbaru lainnya. Termasuk line up big bike Honda yang baru saja disegarkan beberapa waktu lalu.