New VW Golf R 2021 : Golf Terkencang Yang Bisa Ngedrift!

New VW Golf R 2021 : Golf Terkencang Yang Bisa Ngedrift!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Per bulan Oktober 2020 kemarin, VW Golf Mk8 telah resmi berusia 1 tahun. Dan perlahan namun pasti, VW mulai melengkapi puzzle dari varian VW Golf generasi ke delapan. Salah satu yang terbaru dan paling ditunggu adalah kehadiran VW Golf R di generasi ke delapan. Dan voila, VW telah resmi merilis si Golf produksi massal terkencang dalam sejarah. Eits, tapi yang satu ini juga bisa ngedrift lho. Yuk kita bahas.

Jadi, Volkswagen baru saja mengumumkan kehadiran dari VW Golf R versi 2021 alias generasi Mk8. Kehadiran VW Golf R melengkapi keluarga Golf yang sudah ada terlebih dahulu, seperti Golf Hatchback, Golf Alltrack, Golf GTD, Golf GTI, Golf GTE, Golf Variant, dan banyak lainnya. Secara desain, tentunya pihak VW memberikan treatment spesial berupa ornamen bernuansa sporty. Sebut saja bumper depan dan belakang baru yang lebih sporty, lalu side skirt yang senada, knalpot 4 lubang buatan Akrapovic, dan velg 19 inci yang dibalut ban peforma tinggi. Sebuah poin menarik dari desainnya ada pada bagian grille, dimana ada ornamen berwarna biru yang akan menyala saat mesin dinyalakan.

Oke, kita sampingkan dahulu urusan kosmetik. Karena bagaimanapun juga, poin penting dari sebuah VW Golf R ada di ubahan teknisnya. Di sektor dapur pacu, VW Golf R 2021 menggunakan mesin 2.000cc 4 silinder turbo yang mampu memproduksi tenaga maksimal di angka 319 PS dan torsi maksimal di angka 420 Nm. Seems legit. Figur tenaganya naik 27 PS dari versi terdahulu, dan torsinya naik 41 Nm. Ada 2 opsi transmisi yang ditawarkan, yaitu manual 6 percepatan dan DSG 7 percepatan. Sayangnya, versi manualnya tidak dijual global. Lalu, bagaimana dengan peforma yang dihasilkan perpaduan mesin dan transmisinya?

Akselerasi diam hingga 100 km/jam mampu ditempuh dalam 4,7 detik saja, sedangkan kecepatan maksimalnya dibatasi di angka 250 km/jam. Tapi penggemar kebut – kebutan tentu selalu memiliki cara untuk mengakali batasan itu kan? Selain mesin dan transmisi, kaki – kaki mobil ini juga mendapat perhatian penting. Jelas saja, bagaimanapun juga kaki – kaki adalah faktor terpenting jika sebuah kendaraan memiliki peforma tinggi. VW memberikan sport-tuned suspension dengan per yang lebih stiff, dan anti roll bars. subframe berbahan aluminum yang tingan dan juga peningkatan pada camber di as roda depan membuat mobil ini diklaim lebih stabil.

Dan poin menarik lain yang ingin kami soroti ada pada drive mode di mobil ini. Pada dasarnya, VW Golf R memang memiliki fitur ini, dengan mode yang tersedia adalah comfort, sport, race dan individual. Standar saja. Namun, ada 2 setting baru yang diberi nama Special dan Drift Mode. Yap, kalian tidak salah baca, mobil ini bisa ngepot seperti RX-7 Han. Lho, tapi kan mobil ini AWD? Gimana caranya? Jadi, VW mengutak – atik ESC di mobil ini, dan mengoptimalkan distribusi tenaga ke sistem rodanya. Selain itu, VW menggunakan rear differential baru yang memungkinkan mobil menggunakan 100% dari torsi yang dihasilkan untuk ngepot.

Btw, drift mode ini sebenarnya didedikasikan untuk digunakan di Nürburgring. VW Golf R 2021 sendiri akan mulai dipasarkan pada akhir tahun depan. Jadi, sabar – sabar saja kalau meu mengimpornya ke Indonesia. Bagaimana menurut kalian?

Original Article